skip to main content

PENDAMPINGAN VERIFIKASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN PASCA PELABELAN CALL NUMBER JENIS BUKU BACAAN DI SD NEGERI MANYARAN 01 SEMARANG

*Tri Handayani  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Endah Sri Hartatik  -  Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Verifikasi koleksi perpustakaan pasca pelabelan call number merupakan kegiatan verifikasi terhadap koleksi perpustakaan pasca dilakukannya pelabelan call number pada punggung-punggung koleksi. Kegiatan ini dilakukan karena ditemukan sejumlah koleksi yang belum mendapatkan label call number pasca kegiatan pelabelan call number pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat semester gasal 2023/2024. Sejumlah besar koleksi tersebut bahkan telah ditempel call number nya pada punggung buku masing-masing. Metode yang digunakan adalah observasi dan diskusi. Kegiatan yang dilakukan meliputi:  (1) rekruitmen anggota, (2) mengurus perizinan, (3) menetapkan warna identitas verifikator, (4) mengunggah file Buku Inventaris Koleksi Perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semarang ke google drive, (5) melaksanakan verifikasi koleksi yang belum mendapatkan label call number, (6) menyatukan koleksi yang sama, (7) menjajarkan koleksi ke rak sesuai klasifikasinya. Simpulan, perlu perhatian dari pemerintah daerah maupun pemilik yayasan sekolah terhadap perpustakaan sekolah terkait: ruang perpustakaan, petugas perpustakaan dengan kompetensi di bidang perpustakaan, penganggaran operasional perpustakaan, program baca koleksi perpustakaan, membuat program-program menarik agar peserta didik meningkat minat bacanya.  

Kata kunci:  call number, label call number, klasifikasi, koleksi, perpustakaan sekolah dasar

 

ABSTRACT

Verification of library collections after call number labeling is an activity to verify library collections after labeling call numbers on the backs of collections. This activity was carried out because it was found that a number of collections had not received call number labels after call number labeling activities in the 2023/2024 odd semester community service activities. A large number of these collections even have call numbers affixed to the spine of each book.  The methods used were observation and discussion.  Activities include:  (1) recruitment of members, (2) licensing, (3) assigning verifier identity colors, (4) uploading the Library Collection Inventory Book file of SD Negeri Manyaran 01 Semarang to google drive(5) verifying collections that have not received a call number label, (6) putting together the same collection, (7) arranging the collection on the shelf according to its classification. In conclusion, local government and school foundation owners need to pay attention to school libraries related to: library space, library staff with competence in the library field, library operational budgeting, library collection reading programs, creating interesting programs so that students increase their interest in reading. 

Keywords: call number, call number label, classification, collections, elementary school libraries

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Agus Jayadi, (2021), Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sistem Pembelajaran di Madrasah: Sebuah Meta Analisis, Jurnal Cahaya Mandalika, 2 (3), November 2021, hlm. 115-121
  2. Alfiaturrohmaniah, F. dan Masfuah, S. dan Roysa, M., (2022). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3 (1), hlm. 53-59
  3. Fitrotiha, T.A.I., dkk (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Journal of Edicational Learning and Innovation, 2 (2) (September 2022). Hal. 157-170
  4. Handayani, T. dan Endah Sri Hartatik, E.S., Oktober 2021. Pendampingan Pencatatan Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang., Jurnal Harmoni, 5 (2), hlm.70-80
  5. Handayani, T. dan Endah Sri Hartatik, E.S., Juni 2022, Pendampingan Penetapan Nomor Inventaris Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni, 6 (1), hlm.109-123
  6. Handayani, T. dan Endah Sri Hartatik, E.S., Desember 2022, Pendampingan Penetapan Klasifikasi Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni, Volume 6, Nomor 2, hlm.188-204
  7. Handayani, T. dan Endah Sri Hartatik, E.S. Juni 2023. Pendampingan Verifikasi Koleksi Pasca Penetapan Klasifikasi Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni, 7 (1), hlm.32-43
  8. Handayani, T. dan Endah Sri Hartatik, E.S. Desember 2023. Pendampingan Pelabelan Call Number Jenis Buku Bacaan Koleksi Perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang, Jurnal Harmoni, 7 (2), hlm. 101-110
  9. I Ketut Suweca, Problem Perpustakaan Sekolah dan Upaya Menemukan Solusinya, Kompas.com 9 April 2022, diakses 29 April 2024
  10. Intanuari, A. M., 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3 (1), hlm.118-125
  11. Mathar T., Wardani, A., Sari, M.I., Zulkifli, & Musdalifah, 2021. Upaya Peningkatan Tata Kelola Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Balang-Balang Sinjai Barat, Literatify: Trends in Library Developments, 2 (2), hlm.67-75
  12. Nurcahyono dkk, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional
  14. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
  15. Poerwadarminta, 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka
  16. Pusat Perpustakaan Pertanian dan Komunikasi Penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2000. Petunjuk Pembentukan Nomor Panggil Buku dan Label Buku. Bogor: Pusat Perpustakaan Pertanian dan Komunikasi Penelitian
  17. Rugaiyah, Juli 2011. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar di DKI Jakarta (Studi Analisis), Jurnal Manajemen Pendidikan 2 (1), hlm. 209-217
  18. Samosir, J. 2020, Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madarsah, Ada Apa dan Bagaimana. https://www.kompasiana.com/jentarsamosir2368/5e3d4d8ad541df2d57236c53/standart-tenaga-perpustakaan-sekolah-madrasah-salah-satu-kunci-keberhasilan, 7 Februari 2020 diakses 27 April 2024
  19. Saputra, A.F.A., Musaddat, S., Zain, M.I., Marijo, O.D.S.F., April 2022, Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di SDN 3 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018, Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), hlm.1-7
  20. Setiyawan, I dan Cahyoko, A., (Maret 2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Darussalam Pagesangan Surabaya. Jurnal Keislaman, 5 (2), Maret 2022), hlm.28-48
  21. Soeatminah, 2000. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius
  22. Supriyanto, November 2017. Strategi Membangun Perpustakaan yang Bermutu. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2 (1), hlm. 52-58

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-21 08:29:10

No citation recorded.