skip to main content

PENDAMPINGAN PEMBUTAN MEDIA PROMOSI DESA WISATA MUNDING

*Maharani Patria Ratna scopus  -  Applied Foreign Languages Department, Vocational College, Diponegoro University, Indonesia
Lenggahing Saputri  -  Applied Foreign Languages Department, Vocational College, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Wisata Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, dalam membuat media promosi. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelatihan diberikan kepada masyarakat mengenai teknik fotografi dan videografi, serta strategi pemasaran digital. Pendampingan dilakukan selama proses pembuatan website dan booklet. Evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan program dan memberikan umpan balik untuk perbaikan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah website dan booklet yang informatif dan menarik, serta peningkatan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan desa wisata.

Kata kunci: desa wisata, media promosi, pemberdayaan masyarakat, pariwisata berkelanjutan, teknologi informasi

ABSTRACT

This community service activity aims to assist the community of Munding Tourism Village, Bergas Sub-district, Semarang Regency, in creating promotional media. The methods employed include training, mentoring, and evaluation. Training was provided to the community on photography and videography techniques, as well as digital marketing strategies. Mentoring was conducted throughout the process of creating a website and booklet. Evaluation was carried out to measure the program's success and provide feedback for improvement. The results of this community service activity are an informative and attractive website and booklet, as well as an increase in the community's ability to utilize information technology for promoting the tourism village.

Keywords: tourism village, promotional media, community empowerment, sustainable tourism, information technology

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Andansari, D., Fibrianie, E., & Shyafary, D.. Pelatihan Fotografi Produk dengan Smartphone di Desa Pela Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. (Andansari et al., 2022)
  2. Lestari, R. B., Widagdo, H., Meirisa, F., Pramuditha, C. A., & Kardinal, K. (2021a). Pengabdian Masyarakat Pada Pemilik Usaha Kecil di kelurahan Suka Mulya kecamatan Sematang Borang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PADIMAS), 1(1), 37–42. https://doi.org/10.35957/padimas.v1i1.1172
  3. Nuraeni, I., Safei, A. A., & Aziz, R. (2023). Pemberdayaan potensi sosial masyarakat melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bandung. Tamkin Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1). https://doi.org/10.15575/tamkin.v5i1.23849
  4. Mega, I., Suartini, N., Kusumawati, N., & Purnawan, N. (2018). PENGEMBANGAN DESA WISATA PINGE, KECAMATAN MARGA, KABUPATEN TABANAN, BALI. Buletin Udayana Mengabdi, 17(4). doi: 10.24843/BUM.2018.v17.i04.p16
  5. Ratna, M. P., & Saputri, L. (2023). PEMBUATAN MEDIA PROMOSI WISATA DI DESA WISATA NONGKOSAWIT GUNUNGPATI SEMARANG. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 19-25. https://doi.org/10.14710/hm.7.1.19-25
  6. Shofiana, P. B., & Muhtadi, M.. PENGEMBANGAN DESA WISATA PESONA WANAJAYA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT. (Shofiana & Muhtadi, 2023)

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-21 22:16:17

No citation recorded.