skip to main content

PEMANFAATAN BAHASA IKLAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA BLACANAN KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN PEKALONGAN

*Suharyo Suharyo  -  Department of Indonesian, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pada era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini semua bidang kehidupan, termasuk bidang bisnis  termasuk UMKM menjadi sebuah keharusan untuk memanfaakannya jika tidak ingin usahanya tergilas oleh competitor. Salah satu UMKM mitra dalam kegiatan PKM yang penulis amati adalah UMKM jual beli kepiting “DNA CRAB: KANCA NGOBOR SELAWASE” yang ada di Desa Blacanan, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. UMKM mitra ini bekerja sama dengan  PKM dari Undip membuat promosi dengan memanfaatkan bahasa yang menarik . Untuk mencapai hal itu, metode yang dilakukan adalah (a) melakukan survei lokasi untuk memperoleh gambaran usaha yang dilakukan oleh Dwi Suryanto (owner), (b) mengidentifikasi kebutuhan misalnya pembuatan platform, (c) Tim PKM membuat draft promo produk/barang dagangan UMKM mitra, (d) draft tersebut lalu di-sharing-kan dengan owner UMKM mitra, dan € setelah mencapai kesepakatan baru membuat konten di IG dan facebook. Hasilnya, usaha yang dijalankan Dwi Suryanto mengalami peningkatan baik jumlah pesanan maupun jangkauan wilayah pemasaran dan branding yang semakin baik. Jadi, pemanfaatan bahasa dan digital marketing dipandang efektif sebagai “senjata” promosi barang dan jasa.

Kata kunci: pemanfaatan Bahasa, digital marketing, UMKM

 

ABSTRACT

In the current era of technological sophistication, it is imperative for all fields of life, including the business sector and MSMEs, to leverage technology to maintain competitiveness. One of the partner MSMEs engaged in PKM activities that the author has observed is the crab buying and selling MSME "DNA CRAB: KANCA NGOBOR SELAWASE" in Blacanan Village, Siwalan District, Pekalongan Regency. In collaboration with PKM from Undip, this partner MSME employs the use of engaging language in its promotional activities. To achieve this, the following method was employed: (a) a location survey was conducted to obtain an overview of the business carried out by Dwi Suryanto (owner), (b) needs were identified, including the creation of a platform, (c) the PKM team drafted a promotional plan for the products/merchandise of the partner MSMEs, (d) the draft was then shared with the owner of the partner MSME, and after reaching an agreement, content was created on IG and Facebook. Consequently, the enterprise managed by Dwi Suryanto has witnessed an uptick in both the volume of orders and the scope of its marketing reach, along with enhanced brand visibility. Therefore, the deployment of language and digital marketing strategies is regarded as an efficacious instrument for the promotion of goods and services.

Keywords: language utilization, digital marketing, MSMEs

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Kominfo. 2023. “UMKM Kembali Jadi
  2. Pahlawan Ekonomi di tahun 2023” Diakses ” https://www.kominfo.go.id/content/detail/46385/
  3. DKJN Kemenkeu . 2023. “Mengenal Program Pembinaan UMKM Kemenkeu Satu Tahun 2023” Diakses ” https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15879
  4. Profil Desa Blacanan. Diakses http://blacanan.sideka.id/profil/
  5. Tania, Dkk. 2021. “Bahasa Iklan Indomie Periode Tahun 2021”. Jurnal Artikulasi
  6. Vol. 1, No.2, pp 18-29
  7. Dwiputra, E.D. (2019). “Representasi Atlet Indonesia dalam Iklan Televisi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Iklan Televisi Indomie Edisi Asian Games 2018 Satukan Tekad Indonesia)”. Jurnal ILKOM
  8. Wijaya, P. (2016). Pengaruh pesan iklan, keterlibatan iklan, kredibilitas, dan kecocokan endorser pada minat beli melalui sikap konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 19(1), 36–55. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss1.art4
  9. Efendi, Anwar. 2015. “Aspek Retorik Bahasa Iklan di Televisi”. Jurnal Litera, Vol 2, No 1. https://doi.org/10.21831/ltr.v2i1.6785
  10. Falah, dkk. (2023). Penerapan Bahasa dan Branding UMKM Produk Kantong Celana “Hasbuna” Desa Rembun Pekalongan. Jurnal Harmoni, 7(2), 95-100
  11. Adha, dkk. (2022). Efektivitas Pemakaian Bahasa Iklan pada Media Sosial Instagram dalam Pemasaran UMKM Kuliner Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16001-16007
  12. Pratama, dkk. (2021). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Iklan Interaktif dalam Pembuatan Iklan Online Produk Unggulan di Kelurahan Semapura Kaja. Linguistic Community Services Journal, 2(1)
  13. Murtadho, dkk. (2022). Pemberdayaan Literasi Digital bagi Pelaku UMKM Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-10
  14. Halim, dkk. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Produk Lokal UMKM di Desa Gadingrejo. Community Development Journal, 3(2), 609-615
  15. Berdesa. (2020). Jenis-Jenis UMKM yang Paling Banyak Dijalani di Indonesia. https://www.berdesa.com/jenis-jenis-umkm/, diakses pada 24 Juli 2022 pukul 06.00
  16. Rose, Junieles & Sarifah Firda Arindita. (2020). Karakteristik dan Fungsi Bahasa Iklan Bisnis Layanan Aplikasi Chatting di Youtube. Jurnal Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1)
  17. Sorta, Hutahaean. (2004). Analisis Bahasa Iklan Pada Majalah Kartini. Jurnal Ilmu Budaya
  18. Yetty, Dompas. (2017). Karakteristik Pemakaian Bahasa Laras Iklan Pada Jejaring Sosial. Manado: Universitas Sam Ratulangi
  19. Nurtiar, H. (2020). Copywriting: Modul Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 2020. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-20 04:56:38

No citation recorded.