Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{HUMANIKA43668, author = {RR Murtiningsih}, title = {DIMENSI IDEOLOGIS DONGENG ANAK NUSANTARA RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA}, journal = {HUMANIKA}, volume = {29}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {dongeng anak; dimensi ideologis; pendidikan karakter.}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi ideologis yang terkandung dalam dongeng anak nusantara. Selanjutnya dilakukan sebuah refleksi filosofis sehingga dapat dipahami dimensi ideologis yang terkandung di dalamnya untuk dilakukan pengkajian lebih mendalam dan relevan dengan upaya penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang didukung dengan sumber yang relevan. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode hermeneutika filosofis. Adapun tahapan yang dilakukan yakni mengumpulkan data dengan jalan menginventarisir data empiris berupa aspek pedagogis yang terdapat dalam dongeng anak di Indonesia melalui artikel, jurnal, majalah maupun sumber yang relevan. Selanjutnya dilakukan identifikasi dimensi ideologis yang terdapat dalam dongeng anak nusantara dan terakhir yakni menganalisis data dengan melakukan refleksi filosofis terhadap dimensi ideologis yang direlevansikan terhadap penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam dongeng anak nusantara terdapat aspek pedagogis dengan tujuan membentuk karakter generasi yang sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia diantaranya nilai religius, kejujuran, disiplin, tanggungjawab, kerja keras. Dimensi ideologis yang terkandung dalam dongeng anak nusantara memiliki relevansi terhadap pengembangan pendidikan karakter di Indonesia. }, issn = {2502-5783}, pages = {36--45} doi = {10.14710/humanika.v29i1.43668}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/43668} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi ideologis yang terkandung dalam dongeng anak nusantara. Selanjutnya dilakukan sebuah refleksi filosofis sehingga dapat dipahami dimensi ideologis yang terkandung di dalamnya untuk dilakukan pengkajian lebih mendalam dan relevan dengan upaya penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang didukung dengan sumber yang relevan. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode hermeneutika filosofis. Adapun tahapan yang dilakukan yakni mengumpulkan data dengan jalan menginventarisir data empiris berupa aspek pedagogis yang terdapat dalam dongeng anak di Indonesia melalui artikel, jurnal, majalah maupun sumber yang relevan. Selanjutnya dilakukan identifikasi dimensi ideologis yang terdapat dalam dongeng anak nusantara dan terakhir yakni menganalisis data dengan melakukan refleksi filosofis terhadap dimensi ideologis yang direlevansikan terhadap penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam dongeng anak nusantara terdapat aspek pedagogis dengan tujuan membentuk karakter generasi yang sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia diantaranya nilai religius, kejujuran, disiplin, tanggungjawab, kerja keras. Dimensi ideologis yang terkandung dalam dongeng anak nusantara memiliki relevansi terhadap pengembangan pendidikan karakter di Indonesia.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-24 00:11:57
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the author(s).
Humanika by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Faculty of Humanities, Diponegoro University
Prof. Soedarto, SH Street, Tembalang, Semarang, Central Java 50275, Indonesia
e-mail: widisusenoiriyanto@yahoo.co.id/ sarasdewiq@gmail.com