skip to main content

Karakterisasi dan Identifikasi Bakteri Simbion Karang Goniastrea aspera Resisten terhadap Logam Berat Copper (Cu) dari P. Panjang, Jepara

1Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, , Indonesia

2Universitas Diponegoro, Kampus Tembalang, Semarang , Indonesia , Indonesia

3Telp (Fax): 024-7474698; Email: agus_sabdono@yahoo.com, Indonesia

Received: 5 Feb 2012; Published: 5 Feb 2012.

Citation Format:
Abstract

Studi komunitas mikroba yang berasosiasi dengan karang Goniastrea aspera di P. Panjang, Jepara  dilakukan dengan menggunakan teknik mikrobial molekuler berbasis kultur dependen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi, menyeleksi dan mengidentifikasi bakteri simbion karang yang resisten terhadap logam Cu. Pola toleransi terhadap logam Cu  ketujuhbelas isolat dilakukan dengan menggunakan  metode difusi agar. Isolat GN10 diseleksi untuk studi lebih lanjut karena memiliki karakter yang paling resisten terhadap logam Cu yang selanjutnya dikarakterisasi secara fisiologis dan molekuler. Analisis sekuen gen subunit kecil (SSU) rRNA menunjukkan bahwa isolat GN10 memiliki kekerabatan terdekat dengan Virgibacillus marismortui Strain 123 dengan derajat kesamaan 99%. Bakteri V. marismortui strain GN10 ini merupakan kandidat yang dapat digunakan sebagai  indikator uji dan memiliki potensi  di dalam penerapan bioteknologi dari bakteri yang resistan terhadap logam berat pada lingkungan laut yang tercemar maupun tidak tercemar.

 Kata kunci: resisten, Copper, Virgibacillus marismortui, MIC

 

The microbial community associated with coral Goniastrea aspera from Panjang Island, Jepara waters was investigated using culture dependent molecular microbial techniques. The objectives on this study were to isolate, select and identify bacteria associated with coral Goniastrea aspera which resistant to heavy metal Copper (Cu). The tolerance patterns, expressed as MICs, for 17 coral bacteria to Cu heavy metal were surveyed by using an agar diffusion method. The most copper-resistant bacterium, GN10 isolat, was selected further to examine its molecular and physiological characteristics. Small-subunit rRNA gene-based analyses indicated that this bacterium was closely related to Virgibacillus marismortui strain 123, with a high homology of 99%. This bacterium may  serve as bioassay indicator organisms and may be potential for biotechnological applications for metal-resistant bacteria in polluted and non-polluted marine environments.

Key  words: resistant, Copper, Virgibacillus marismortui, MIC

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 17:49:00

No citation recorded.