skip to main content

Persitensi Pestisida Organoklorin pada Sedimen dan air Laut dalam Kaitannya dengan Kelimpahan Komunitas Benthik di Perairan Pantai Mlonggo Jepara

Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 4 Mar 2009.

Citation Format:
Abstract

Senyawa pestisida merupakan senyawa persisten yang sangat sulit diuraikan dan akan terakumulasi dalam lemak suatu organisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan senyawa pestisida dan keterkaitannya dengan keanekaragaman makrozoobenthos di perairan Mlonggo Jepara. Metoda survey digunakan dlaam penelitian ini dengan mengambil 3 lokasi titik sampling dan ulangan sebanyak 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan daerah muara sungai (stasiun II) menunjukkan kandungan pestisida yang lebih tinggi dan keanekaragaman hewan makrozoobenthos yang rendah bila dibandingkan dengan stasiun I (perairan sungai) dan stasiun III (perairan laut).

Kata kunci: Pestisida; akumulasi; makrozoobentbos

 

 

The pesticide compound has characteristic difficult to degrade in the nature and accumulate in fat tissue of organism. The purpose of the research was to investigate the existance of pesticide compound of Mlonggo waters ,and their correlation to macrozoobenthic diversity. Sampling survey method was applied in this research which take place on 3 stations with 4 replicates. The results show, that the location on the mouth of river (station II) has the highest concentration of pesticide compound and lowest of macrozoobenthic diversity compared with stations I and III which located on the river and sea.

Keywords: Pesticide; accumulation; macrozoobenthic

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-22 12:00:29

No citation recorded.