ANALISIS BAURAN PEMASARAN, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS DALAM KAITANNYA DENGAN PENJUALAN PADA JAMU NYONYA MENEER

*Apriatni EP  -  Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 393 1157
Abstract

Loyalitas pelanggan (customer loyalthy) tidak disangkal lagi telah menjadi tujuan strategis yang paling penting dari perusahaan kurun waktu belakang ini. Loyalitas pelangganhanya bisa diraih, jika betul-betul mengerti karakteristik dan kebutuhan pelanggan, serta menawarkan berbagai program loyalitas yang inovatif sesuai dengan kebutuhan mereka. pelanggan yang loyal akan sangan bermanfaat bagi suatu perusahan untuk mengembangkan pangsa pasarnya.

Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis atau tipe penelitian kausalitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Dalam penelitina ini penggambilan sampel dilakukan secara accidental, sedangkan data dikumpulkan menggunakan metode angket (kuesioner terstruktur). Metoda yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan The Struktural Equation Modelling (SEM) dari paket software statistik AMOS digunakandalam model dan pengujian hipotesis.

Berdasarkan analisis factor (confirmatory factor analyse), menunjukkan dari tiga indikator atau dimensi yang diajukan untuk mengukur konstruk bauran pemasaran, kepercayaan, loyalitas dan penjualan dapat diterima. Berdasarkan analisa untuk mengevaluasi normalitas data menunjukkan bahwa data yang dgunakan/diumpulkan adalah normal.

Keywords
bauran pemasaran, kepercayaan, penjualan dan loyalitas

Article Metrics: