skip to main content

ECONOMIC RESILIENCE PADA INDUSTRI KREATIF GUNAMENGHADAPI GLOBALISASI DALAM RANGKA KETAHANAN NASIONAL

*Arina Romarina  -  Kampus IPDN, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perdagangan bebas dan krisis ekonomi global yang terjadi saat ini mengharuskan Indonesia berupaya keras untuk dapat bersaing baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Pengembangan ekonomi kreatif merupakan pilihan tepat untuk menjaga ketahanan (resiliensi) ekonomi dalam kondisi krisis global. Pertumbuhan ekonomi global yang masih lemah, tidak berimbang, dan rentan terhadap gejolak, tentunya mempengaruhi kestabilan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akhirnya mengakibatkan kerentanan ekonomi. Pengembangan ekonomi kreatif merupakan pilihan tepat untuk menjaga ketahanan ekonomi dalam kondisi krisis global. Ketahanan Nasional tidak akan dapat tercapai jika pembangunan ekonomi pada sektor riil belum dapat terakomodasi dengan baik. Momentum globalisasi dan pasar bebas hendaknya memberikan sebuah kesempatan yang sangat baik bagi ekonomi kreatif namun jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi risiko bagi pihak yang tidak mempersiapkan kompetensinya secara maksimal. Dengan besarnya ekspektasi pertumbuhan sektor ekonomi kreatif, kita dihadapkan pada tantangan untuk dapat menstimulasi terciptanya bentuk-bentuk kreativitas yang memiliki nilai lebih tinggi, termasuk nilai ekonomi dan kontribusinya bagi perekonomian.
Fulltext View|Download
Keywords: economic resilience; ekonomi kreatif; globalisasi; manajemen risiko; ketahanan nasional

Article Metrics:

Last update:

  1. Indonesia-China Trade Performance in the RCEP Forum

    Ragimun Abdullah, Mutaqin, R. Nurhidayat, Akhmad Yasin. Journal of Economics and Behavioral Studies, 14 (3(J)), 2022. doi: 10.22610/jebs.v14i3(J).3306
  2. Analysis of the Transformation of Health Services to Support Social and Tourism Balance Amid the Singkawang City Pandemic

    Herlan Herlan, Martoyo Martoyo, Elyta Elyta. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 2 (02), 2024. doi: 10.59653/ijmars.v2i02.588

Last update: 2024-05-18 09:30:43

  1. THE ASEAN ECONOMIC COMMUNITY AND DETERMINANT FACTORS IN THE EXPANSION OF INDONESIAN BUSINESSMEN IN THE SOUTHEAST ASIAN MARKET

    Darwis . Academy of Entrepreneurship Journal, 26 (4), 2020.