KONTRIBUSI HUMAN CAPITAL dan CUSTOMER CAPITAL DALAM MENGGAPAI KINERJA CAFÉ dan RESTO di SURABAYA

*Gendut Sukarno -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
Lia Nirawati -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
Published: 2 Nov 2016.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 748 802
Abstract

Penilaian kinerja perusahaan berbasis human capital merupakan hal menarik yang perlu dikembangkan oleh perusahaan. Human capital merupakan salah satu komponen utama dari intellectual capital (intangible asset) yang dimiliki perusahaan. Selama ini, penilaian terhadap kinerja perusahaan lebih banyak menggunakan sumber daya yang bersifat fisik (tangible asset). Human capital di dalam organisasi memiliki potensi penuh untuk membangun orientasi pasar bagi konsumennya. Jika kompetensi pegawai di dalam suatu organisasi semakin baik, mereka akan memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan customer capital untuk menahan loyalitas konsumen. Pengelolaan customer capital yang baik akan berdampak terhadap kinerja perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep keterhubungan human capital dan customer capital dan dampaknya terhadap kinerja café dan resto di Surabaya. Populasi dalam penelitian adalah pipinan/pengelola café dan resto di Surabaya, dengan sampel sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) yang merupakan metode alternatif analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) yang berbasis variance.
Berdasarkan hasil pengolahan data diketemukan bahwa 1) human capital mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap customer capital. 2) Customer capital mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap kinerja café dan resto di Surabaya, 3) human capital mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap kinerja café dan resto di Surabaya.

Keywords
human capital; customer capital; kinerja.

Article Metrics: