Studi Niat Pelaporan Pelanggaran: Tinjauan Literatur Dalam Prilaku Organisasi Mengenai Moral dan Rasa Takut Karyawan Akan Pembalasan

*Muhammad Fikry Aransyah  -  Universitas Mulawarman, Indonesia
Adietya Arie Hetami  -  Mulawarman University, Indonesia
Putry Satriani Ramba  -  Mulawarman University, Indonesia
Received: 10 Sep 2019; Revised: 31 Oct 2019; Accepted: 5 Nov 2019; Published: 28 Nov 2019; Available online: 28 Nov 2019.
Open Access Copyright 2019 Jurnal Administrasi Bisnis


Citation Format:
Abstract
Studi ini mempelajari dan meringkas literatur yang mengulas pengaduan. Penelitian ini mencari  informasi rinci dan data empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi studi intensi pengaduan dalam tinjauan literatur. Menerapkan Model Intensitas Moral yang diperkenalkan oleh Jones (1991), penelitian ini melihat bagaimana besarnya konsekuensi, konsensus sosial, dan kedekatan mempengaruhi intensi pengaduan. Selain itu, ketakutan akan pembalasan adalah variabel tambahan untuk memperpanjang studi berdasarkan Model Intensitas Moral. Prediktor pertama adalah besarnya konsekuensi. Studi yang berkaitan dengan prediktor ini memeriksa bahaya atau manfaat yang dilakukan pada korban atau penerima manfaat dari tindakan moral yang dimaksud. Studi yang terkait dengan prediktor kedua, konsensus sosial, memeriksa Tingkat persetujuan sosial bahwa tindakan yang diusulkan itu jahat atau baik. Prediktor ketiga adalah kedekatan. Studi-studi dalam bidang ini berfokus pada perasaan kedekatan (sosial, budaya, psikologis, atau fisik) yang dimiliki agen moral bagi para korban kejahatan yang dipertanyakan. Studi yang terkait dengan prediktor akhir, takut akan pembalasan, memeriksa sebagai tindakan yang tidak diinginkan terhadap pelapor yang disebabkan oleh pelapor internal atau eksternal. Untuk setiap prediktor, penulis pertama-tama meringkas dan menganalisis temuan penelitian sebelumnya dan kemudian mengajukan saran untuk penelitian pengaduan di masa depan.
Keywords: Tinjauan Literatur, Pengaduan, Intensi Pengaduan, Intensitas Moral, Rasa Takut akan Pembalasan
Funding: Mulawarman University

Article Metrics:

Last update: 2021-03-01 10:56:42

No citation recorded.

Last update: 2021-03-01 10:56:43

No citation recorded.