Studi Niat Pelaporan Pelanggaran: Tinjauan Literatur Dalam Prilaku Organisasi Mengenai Moral dan Rasa Takut Karyawan Akan Pembalasan
Received: 10 Sep 2019;
Revised: 31 Oct 2019; Accepted: 5 Nov 2019; Published: 28 Nov 2019; Available online: 28 Nov 2019.

Abstract
Studi ini mempelajari dan meringkas literatur yang mengulas pengaduan. Penelitian ini mencari informasi rinci dan data empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi studi intensi pengaduan dalam tinjauan literatur. Menerapkan Model Intensitas Moral yang diperkenalkan oleh Jones (1991), penelitian ini melihat bagaimana besarnya konsekuensi, konsensus sosial, dan kedekatan mempengaruhi intensi pengaduan. Selain itu, ketakutan akan pembalasan adalah variabel tambahan untuk memperpanjang studi berdasarkan Model Intensitas Moral. Prediktor pertama adalah besarnya konsekuensi. Studi yang berkaitan dengan prediktor ini memeriksa bahaya atau manfaat yang dilakukan pada korban atau penerima manfaat dari tindakan moral yang dimaksud. Studi yang terkait dengan prediktor kedua, konsensus sosial, memeriksa Tingkat persetujuan sosial bahwa tindakan yang diusulkan itu jahat atau baik. Prediktor ketiga adalah kedekatan. Studi-studi dalam bidang ini berfokus pada perasaan kedekatan (sosial, budaya, psikologis, atau fisik) yang dimiliki agen moral bagi para korban kejahatan yang dipertanyakan. Studi yang terkait dengan prediktor akhir, takut akan pembalasan, memeriksa sebagai tindakan yang tidak diinginkan terhadap pelapor yang disebabkan oleh pelapor internal atau eksternal. Untuk setiap prediktor, penulis pertama-tama meringkas dan menganalisis temuan penelitian sebelumnya dan kemudian mengajukan saran untuk penelitian pengaduan di masa depan.
Keywords: Tinjauan Literatur, Pengaduan, Intensi Pengaduan, Intensitas Moral, Rasa Takut akan Pembalasan
Funding: Mulawarman University
Article Metrics:
Others articles
PENGARUH FAKTOR MODAL PSIKOLOGIS, KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR, INOVASI, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KARAKTERISTIK UKM TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan)
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN K3 TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN TEKNIK PT. PLN (PERSERO) UPJ-SEMARANG
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI VARIABEL KEPUASAN (STUDI PADA BENGKEL AHASS 0002-ASTRA MOTOR SILIWANGI SEMARANG)
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK MUAMMALAT INDONESIA,TBK PERIODE 2005-2009
ANALISIS PROSES BISNIS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KONVEKSI RYAN COLLECTION DI KABUPATAN KUDUS
RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING, CAPITAL (RGEC) METHOD SEBAGAI INSTRUMEN PENGUKUR TINGKAT KESEHATAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Last update: 2021-04-19 12:42:34
No citation recorded.
Last update: 2021-04-19 12:42:34
No citation recorded.