skip to main content

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL (Studi Perbandingan Pada Manufacture Multinational Company dan Manufacture Domestic Corporation di Bursa Efek Indonesia)

*Agnes Soukotta  -  MM UNDIP, Indonesia
M. Chabachib  -  FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis  apakah terdapat pengaruh dari firm size (SIZE), Sales Growth  (GROWTH), Return  on Asset  (ROA), Likuidity (LIQ), Asset  Structure  (AS) terhadap  struktur modal (DER). Teknik sampling yang digunakan adalah proposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 14 dari 43 untuk perusahaan MNC dan 44 dari 101 untuk perusahaan DC. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan  t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama atau keseluruhan dari koefisien regresi dengan level of significance 5% serta chow-test untuk menguji perbedaan pengaruh dari koefisien regresi antara perusahaan multinasional dan perusahaan domestik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data Size berpengaruh negatif signifikan, Sales Growth berpengaruh positif dan tidak signifikan, ROA, LIQ dan AS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DER pada perusahaan MNC. Sedangkan untuk perusahaan DC Size dan Sales Growth berpengaruh positf dan signifikan, ROA, LIQ dan AS berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DER. Hasil pengujian menghasilkan nilai chow test F sebesar 17,016. Nilai F-tabel diperoleh sebesar 2,267. Dengan demikian diperoleh nilai chow test (17,016)>(2,267). Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari pengaruh 5 variabel bebas tersebut terhadap DER pada perusahaan MNC dan DC.

Fulltext View|Download
Keywords: Struktur Modal,Firm Size , Sales Growth, Return on Asset, Likuidity, Asset Structure

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 14:38:57

  1. The effect of investment opportunity set and company growth on firm value: Capital structure as an intervening variable

    Chabachib M.. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12 (11), 2020.