skip to main content

ANALISIS TINGKAT KEBERHASILAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA DiLIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER (Studi Kasus di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah)

*Indah Susilowati  -  Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tingkat keberhasilan kepala desa dilihat dari perspektlf gender (perempuan dan laki-laki) akan dianalisis pada penelitian ini. Daerah penelitian yang dipilih adalah  Kabupaten Kendal (mewakili daerah pesisir) dan Kabupaten Klaten (mewakili daerah pedalaman). Metode sampling purposif telah dipakai untuk memilih 8 sampel kepala desa/ kelurahan dan  173 sampel dari masyarakat (wakil rakyat).

Statistik deskriptif dan uji beda rata dipakai sebagai alat analisis pada penelitian ini. Gaya keµemimpinan kepala desa/ kelurahan yang dipersepsikan oleh masing-masing  responden menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat berpendapat  bahwa kepala desa/kelurahan mereka cenderung bertindak demokratis dalam gaya kepemimpinannya (rating I). Sedangkan untuk rating II adalah dipersepsikan bahwa  banyak para pemimpin pemerintahan desa mereka bergaya kepemimpinan campuran antara demokratis dan otoriter. Secara umum dapat dikatakan bahwa tipe hubungan dari tangga kepemimpinan yang terbanyak adalah pada tangga kepemfmpinan yang ke-7: memberikan empati (42,0 persen) diikuti dengan tangga ke-6: suka melibatkan diri (32,4 persen) dan tangga ke-8: dapat menggerakkan masa  (12,5 persen).     Berdasarkan uji perbedaan rata-rata yang telah dilakukan terhadap efektivitas keberhasilan kepemimpinan dari kepala desa/ lurah dilihat dari perspektif gender nampak bahwa ternyata secara statistik tidak memberikan perbedaan yang signifikan (berarti)  dari kesemua komponen (ada lima faktor) yang diuji. Dari hasil temuan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa sebenarnya kompetensi manajerial dari kepala desa atau kepala kelurahan laki-laki adalah tidak berbeda dengan kompetensi manajerial dari kepala desa atau kepala kelurahan perempuan. Sehingga sebaiknya peluang untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan (baik politis maupun tidak politis) sudah selayaknya untuk diberikan kepada pihak yang mempunyai kompetensi manajerial dan strategi dengan tidak bias jepada masalah gendernya.

Fulltext View|Download
Keywords: Gender - manajemen pemerintahan desa - gaya kepemimpinan - bias kompetensi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 04:13:07

No citation recorded.