skip to main content

ANALISIS PENGARUH CAR, NIM, LDR, NPL, BOPO DAN KAP TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Perbandingan pada Bank dengan Total Aset diatas 1 Trilyun dan dibawah 1 Trilyun Periode Tahun 2005-2008)

*Cahyo Hindarto  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin  (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasi Pendapatan (BOPO), dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP), terhadap Return on Asset (ROA).

Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank umum di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2005 sampai dengan 2008 dan bank umum yang memperoleh laba periode 2005-2008. Data diperoleh berdasarkan publikasi Direktori Perbankan Indonesia periode tahun 2005 sampai dengan tahun 2008. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 80 perusahaan dari 124 bank umum di Indonesia periode 2005-2008. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t- statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data CAR, NIM, NPL, LDR, dan BOPO secara parsial signifikan terhadap perubahan Laba pada bank dengan total asset diatas 1 trilyun, sedangkan  KAP tidak berpengaruh signifikan. Untuk kategori bank dengan total asset dibawah 1 trilyun hanya  NIM, NPL, LDR, BOPO, dan KAP yang signifikan berpengaruh terhadap ROA, sedangkan CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA pada dengan total asset dibawah trilyun.

Fulltext View|Download
Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Per- forming Loan (NPL), Biaya Operasi Pendapatan (BOPO), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), dan Re- turn on Asset (ROA).

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 19:49:33

No citation recorded.