Peran Dan Kaitan Activity Based Costing Dalam Target Costing

*Jaka Isgiyarta -  Fakultas Ekonomi Undip, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 150 172
Abstract
Perkembangan perekonomian dalam akhir abad  ke-20 sangat dramatis, batasan-batasan wilayah negara semakin tidak  berfungsi untuk menghadapi gelombang ekonomi, misalnya untuk negara-negara Asia Pasifik  yang  tergabung dalam APEC sudah memplokamirkan ekonomi pasar bebas pada tahun 2010 untuk  negara maju dan  2020 untuk negara-negara yang sedang berkembang hal ini sesuai dengan  pernyataan  Deklarasi Bogor November 1994.  Sedangkan untuk negara ASEAN sesuai hasil pertemuan KTT Bangkok pada akhir tahun  1995 telah menyepakati untuk mempercepat terlaksanannya ekonomi   pasar bebas pada  tahun   2003.
Kondisi lain   yang   mempercepat adanya ekonomi pasar bebas adalah, kemajuan di bidang teknologi informasi dan  transportasi,  dimana hubungan negara satu dengan negara  lain semakin  mudah dan  tidak  dapat dikendalikan  oleh pemeriniah masing-masing negara,  misalnya jaringan internet  telah menyebabkan seseorang dengan sangat  mudah   memperoleh informasi dari segala penjuru dunia.
Kondisi   pasar   dengan   tingkat persaingan   tinggi   telah menggeser kekuatan  pasar,  yaitu  dari produsen ke konsumen. Produsen harus mampu memuaskan konsumen, produsen tidak dapat memproduksi   barang sesuai dengan kehendak mereka  sendiri, baik itu  yang berkaitan dengan harga maupun atribut-atribut kualitas produk.  Kombinasi   konsep activity based costing dengan  target costing sangat diperlukan untuk mengantisipasi  kondisi persaingan yang  semakin kompetitif.  Konsep activity based costing  sangat membantu dalam menganalisis kos produk agar target costing dapat terpenuhi dengan tidak mengurangi persuaratan  produk yang dikehendaki oleh konsumen. Dalam target costing, kegiatan proses produksi akan semakin komplek. Perusahaan  tidak  hanya   memperhatikan bagaimana  menjalankan produksi, tetapi juga harus melakukan analisis pasar, agar produk perusahaan laku dijual dan mendapatkan laba dengan layak.

Article Metrics: