BibTex Citation Data :
@article{JBS18349, author = {Muhammad Aziz and Susilo Raharjo and Amie Kusumawardhani}, title = {ANALISIS ORIENTASI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DAN KINERJA BISNIS (Studi Pada UKM Kasongan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta)}, journal = {JURNAL BISNIS STRATEGI}, volume = {27}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {Orientasi Pelanggan; Orientasi Pesaing; Orientasi Teknologi; Inovasi; Kinerja Bisnis.}, abstract = { Inovasi pada UKM (Usaha Kecil Menengah) kerajinan seni gerabah di Kasongan Kabupaten Bantul tentu dapat meningkatkan dari segi kinerja bisnis UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis yaitu variabel orientasi pelanggan, variabel orientasi pesaing, variabel orientasi teknologi dan variabel inovasi sebagai intervening. Berangkat dari permasalahan penelitian yaitu bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui inovasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi yaitu orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan orientasi teknologi. Sampel penelitian berjumlah 130 responden terdapat 10 responden tidak bersedia untuk mengembalikan kuisioner yang sudah di jawab dengan batas waktu ketentuan pengembalian dari peneliti. Maka penelitian ini menghasilkan responden ahir sebanyak 120 responden akan tetapi terdapat beberapa kuisioner yang tidak terjawab sepenuhnya. Sehingga hasil ahir yang dapat di analisis sebanyak 110 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Responden pada penelitian ini adalah pemilik UKM kerajinan seni gerabah diKasongan Kabupaten Bantul. Alat yang digunakan untuk menganalisis adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini terdapat empat hipotesis diteriama dari ketujuh hipotesis penelitian. Adapun faktor-faktor yang signifikan memengaruhi inovasi yaitu orientasi pesaing dan orientasi teknologi dan faktor yang mempengaruhi secara langsung signifikan terhadap kinerja bisnis yaitu inovasi dan orientasi teknologi. }, issn = {2580-1171}, pages = {1--20} doi = {10.14710/jbs.27.1.1-20}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/18349} }
Refworks Citation Data :
Inovasi pada UKM (Usaha Kecil Menengah) kerajinan seni gerabah di Kasongan Kabupaten Bantul tentu dapat meningkatkan dari segi kinerja bisnis UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis yaitu variabel orientasi pelanggan, variabel orientasi pesaing, variabel orientasi teknologi dan variabel inovasi sebagai intervening. Berangkat dari permasalahan penelitian yaitu bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui inovasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi yaitu orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan orientasi teknologi.
Sampel penelitian berjumlah 130 responden terdapat 10 responden tidak bersedia untuk mengembalikan kuisioner yang sudah di jawab dengan batas waktu ketentuan pengembalian dari peneliti. Maka penelitian ini menghasilkan responden ahir sebanyak 120 responden akan tetapi terdapat beberapa kuisioner yang tidak terjawab sepenuhnya. Sehingga hasil ahir yang dapat di analisis sebanyak 110 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Responden pada penelitian ini adalah pemilik UKM kerajinan seni gerabah diKasongan Kabupaten Bantul.
Alat yang digunakan untuk menganalisis adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini terdapat empat hipotesis diteriama dari ketujuh hipotesis penelitian. Adapun faktor-faktor yang signifikan memengaruhi inovasi yaitu orientasi pesaing dan orientasi teknologi dan faktor yang mempengaruhi secara langsung signifikan terhadap kinerja bisnis yaitu inovasi dan orientasi teknologi.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 14:15:56
View statistics This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.