EVALUASI METODE PENGADAAN e-COMMERCE DENGAN MEMANFAATKAN AHP

Received: 27 Jan 2012; Published: 30 Jan 2012.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Abstrak
Pengadaan sistem solusi e-Commerce adalah sebuah investasi yang tidak kecil bagi
perusahaan.Langkah analisis yang tepat perlu dilakukan untuk mengevaluasi pemilihan metode
pengadaannya. Secara praktis, beberapa cara pengadaan telah sering dilakukan oleh pelaku industri,
namun aspek obyektivitas mekanisme penilaian seringkali masih menjadi prioritas kedua setelah intuisi
atau subyektivitas pengambil keputusan. Penelitian ini mencoba mengusulkan pemanfaatan AHP sebagai
salah satu solusi untuk permasalahan diatas. Dalam sebuah kasus pengadaan sistem e-Commerce untuk
sebuah perusahaan manufaktur nasional, dilakukan penetapan goal, identifikasi kriteria pengambilan
keputusan serta penentuan seluruh alternatif solusi pengadaan yang mungkin untuk diterapkan. Seluruh
elemen tersebut disusun berdasarkan pedoman strukturisasi dalam AHP. Sebagai tindak lanjut, pihak
manajemen diminta memberikan nilai preferensi dalam skema pairwise comparison antar kriteria maupun
antar alternatif di dalam tiap kriteria. Alternatif terbaik dapat dipilih berdasarkan sintesis tingkat
kepentingan tertinggi sebagai hasil kalkulasi dari model secara keseluruhan. Hasil yang didapat
menunjukkan bahwa AHP dapat dipakai sebagai alat yang cukup komprehensif untuk melakukan evaluasi
metode pengadaan solusi e-Commerce. Dengan memanfaatkan mekanisme evaluasi yang diusulkan oleh
penelitian ini, perusahan yang melaksanakan implementasi sistem berbasis cybermedia ini dapat
meminimalkan risiko bisnis khususnya untuk tinjauan aspek metode pengadaannya.
Kata kunci: e-Commerce, metode pengadaan, AHP.

Abstract
The procurement of e-Commerce system solution is considered as a non trivial investment..A
proper analysis is needed to evaluate suct procurement. Practically, a number of procurement methods
have been frequently done by industrila performer. However, the objectivity of evaluation mechanism still
become second priority following intuition and subjectivity of the decision maker. This reserach proposes
AHP as one solution to overcome aforementioned problem. In an e-Commerce procurement case for one
national company, goal elicitation, criteria identification and alternatives determination were done. All of
those elements are composed based on AHP structure. As the following step, management was asked to
give her preference in pairwise comparison for criteria and alternatives as well. The best alternative then
could be chosen based on the synthesis for the whole model. The result shows that AHP could be used as
a comprehensive tool to evaluate the procurement method of e-Commerce system solution. Using the
proposed evaluation mechanism, company implementing this cybermedia-based system could minimize its
business risks especially on its procurement method context.
Keywords: e-Commerce, procurement method, AHP.

Article Metrics:

Last update: 2021-03-06 07:08:46

No citation recorded.

Last update: 2021-03-06 07:08:47

No citation recorded.