BibTex Citation Data :
@article{J@TI6029, author = {Ary Arvianto and Diana Sari and Grace Olivia}, title = {PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. NYONYA MENEER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO AN IDEAL SOLUTION (TOPSIS)}, journal = {J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri}, volume = {9}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Dalam mencapai suatu keunggulan kompetitif, suatu perusahaan membutuhkan suatu strategi pemasaran untuk membedakan dan memiliki nilai yang berbeda dari kompetitornya. Karena krusialnya peran strategi pemasaran dalam kelangsungan perusahaan, pihak manajemen akan mengalami kesulitan dalam memilih strategi pemasaran terbaik dari pilihan strategi yang ada. PT. Nyonya Meneer memproduksi banyak jenis produk, salah satu jenis produk unggulannya adalah produk jamu untuk wanita. Penjualan produk jamu wanita tidak menunjukkan peningkatan yang sesuai dengan target, bahkan cenderung stagnan. Kondisi ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang selama ini diterapkan belum memberikan hasil yang maksimal karena tidak tercapainya target penjualan yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pemilihan strategi pemasaran PT. Nyonya Meneer dengan melihat kriteria-kriteria yang mempengaruhi dalam proses pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) dan TOPSIS. Alternatif strategi pemasaran pada penelitian ini berdasarkan strategi generik Porter. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi terpilih bagi PT. Nyonya Meneer adalah strategi segmentasi. Segmen yang direkomendasikan adalah wanita remaja hingga dewasa dengan pendapatan menengah dan menengah ke atas. Kata Kunci : analytical network process (ANP), pemilihan strategi pemasaran, strategi generik porter, TOPSIS Abstract In achieving competitive advantage, a company need a marketing strategy in order to differentiate from its competitor. A marketing strategy decision making is essential for marketing strategist to determine the most appropriate marketing strategy in effecient manner. PT. Nyonya Meneer is one of the biggest company that produce jamu in Indonesia. Jamu for women is the most popular product of PT. Nyonya Meneer. Sales of jamu for women does not show desirable increase, even tend to stagnan. It indicates that current marketing strategy does not give the best result because there is no achievement of target sales for the past few years. So, there is a need to make marketing strategy selection at PT. Nyonya Meneer with regards of marketing resources using Analytical Network Process (ANP) and TOPSIS. Proposed marketing strategy in this research is based on Porter Generic Strategy. The result of this research is a choosen strategy for PT. Nyonya Meneer is segmentation strategy. The recommended segment is a adolescent to adult women with earning class are middle and upper middle class. Keywords : analytical network process (ANP), marketing strategy selection, porter generic strategy, TOPSIS }, issn = {2502-1516}, pages = {35--44} doi = {10.12777/jati.9.1.35-44}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/6029} }
Refworks Citation Data :
Dalam mencapai suatu keunggulan kompetitif, suatu perusahaan membutuhkan suatu strategi pemasaran untuk membedakan dan memiliki nilai yang berbeda dari kompetitornya. Karena krusialnya peran strategi pemasaran dalam kelangsungan perusahaan, pihak manajemen akan mengalami kesulitan dalam memilih strategi pemasaran terbaik dari pilihan strategi yang ada. PT. Nyonya Meneer memproduksi banyak jenis produk, salah satu jenis produk unggulannya adalah produk jamu untuk wanita. Penjualan produk jamu wanita tidak menunjukkan peningkatan yang sesuai dengan target, bahkan cenderung stagnan. Kondisi ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang selama ini diterapkan belum memberikan hasil yang maksimal karena tidak tercapainya target penjualan yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya suatu pemilihan strategi pemasaran PT. Nyonya Meneer dengan melihat kriteria-kriteria yang mempengaruhi dalam proses pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) dan TOPSIS. Alternatif strategi pemasaran pada penelitian ini berdasarkan strategi generik Porter. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi terpilih bagi PT. Nyonya Meneer adalah strategi segmentasi. Segmen yang direkomendasikan adalah wanita remaja hingga dewasa dengan pendapatan menengah dan menengah ke atas.
Kata Kunci : analytical network process (ANP), pemilihan strategi pemasaran, strategi generik porter, TOPSIS
Abstract
In achieving competitive advantage, a company need a marketing strategy in order to differentiate from its competitor. A marketing strategy decision making is essential for marketing strategist to determine the most appropriate marketing strategy in effecient manner. PT. Nyonya Meneer is one of the biggest company that produce jamu in Indonesia. Jamu for women is the most popular product of PT. Nyonya Meneer. Sales of jamu for women does not show desirable increase, even tend to stagnan. It indicates that current marketing strategy does not give the best result because there is no achievement of target sales for the past few years. So, there is a need to make marketing strategy selection at PT. Nyonya Meneer with regards of marketing resources using Analytical Network Process (ANP) and TOPSIS. Proposed marketing strategy in this research is based on Porter Generic Strategy. The result of this research is a choosen strategy for PT. Nyonya Meneer is segmentation strategy. The recommended segment is a adolescent to adult women with earning class are middle and upper middle class.
Keywords : analytical network process (ANP), marketing strategy selection, porter generic strategy, TOPSIS
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 06:09:54
Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
View statistics of J@ti Undip:
Articles in J@ti Undip are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License