skip to main content

Peer Education Suatu Strategi Pencegahan HIV dan Aids

*Dewi Amila Sholikha  -  , Indonesia
Bhinuri Damawanti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pemerintah kurang memberikan dukungan dan perhatian dalam pencegahan HIV dan AIDS. Upaya penanganan HIV dan AIDS belum melibatkan mahasiswa. Padahal, mereka termasuk kelompok risiko tinggi tertular HIV dan AIDS serta berpotensi untuk diberdayakan dalam pencegahan HIV dan AIDS. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan telaah hasil kajian kepustakaan (library research) dan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil kajian menunjukkan bahwa model pemberdayaan melalui peer education berbasis mahasiswa perlu diterapkan dalam pencegahan HIV dan AIDS di kalangan mahasiswa. Hal itu dapat dilaksanakan dengan strategi : meningkatkan koordinasi dan mengembangkan kesepakatan operasional di semua tingkatan sampai ke lini lapangan, mengembangkan dan memantapkan institusi pengelola peer education, meningkatkan motivasi untuk menjadi peer educator oleh institusi pengelola, meningkatkan pengelolaan peer education melalui kemitraan dengan berbagai sektor, melakukan montoring dan evaluasi oleh institusi pengelola peer education, advokasi untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dalam bentuk dikeluarkannya peraturan perundang-undangan atau kebijakan dan peningkatan APBD dalam pencegahan HIV dan AIDS, serta dilengkapinya sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penerapan peer education
Fulltext View|Download
Funding: public health of diponegoro university

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 20:45:45

No citation recorded.