skip to main content

Sanitasi Lingkungan Rumah Kos Mahasiswa di Universitas Andalas

Aria Gusti1, 2, 3 orcid scopus Rahma Risandi1, 2, 3

1Departemen Kesehatan Lingkungan, Indonesia

2Fakultas Kesehatan Masyarakat, Indonesia

3Universitas Andalas, Indonesia

Open Access Copyright 2021 Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang:Sanitasi lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, menurunkan konsentrasi belajar dan aktivitas sehari-hari di rumah kos mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menilai ketersediaan fasilitas sanitasi lingkungan dan perilaku sanitasi lingkungan mahasiswa dalam hal pemanfaatan fasilitas sanitasi lingkungan yang tersedia.

Metode:Menggunakan pendekatan studi kasus, studi ini fokus pada kos- kosan mahasiswa di di Lingkungan kampus Universitas Andalas di Kecamatan Pauh Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa formulir observasi berisi variabel-variabel yang akan diteliti yaitu kondisi perumahan, penyediaan air bersih, saluran pembuangan air limbah, tempat pembuangan sampah dan jamban yang digunakan oleh penghuni asrama ataupun kos mahasiswa. Data diperoleh dengan wawancara langsung dengan penghuni kos dan observasi lapangan.

Hasil: Sebagian besar rumah kos mahasiswa Universitas Andalas berlantai ubin/keramik. Lebih dari separoh kamar kos tidak memiliki ventilasi. Air minum isi ulang menjadi pilihan dari hampir seluruh rumah kos di di Lingkungan Universitas Andalas. Seluruh rumah kos di di Lingkungan Universitas Andalas memiliki jamban. Lebih dari separuh rumah kos mahasiswa di di Lingkungan Universitas Andalas terdapat vektor penyebar penyakit baik berupa lalat, nyamuk, tikus, maupun kecoa. Hampir semua penghuni kos di di Lingkungan Universitas Andalas tidak memiliki kebiasaan merokok. 

Simpulan:Rumah kos mahasiswa di di Lingkungan Universitas Andalas yang tersebar di 3 kelurahan di Kecamatan Pauh Kota Padang hampir semuanya memenuhi persyaratan rumah sehat.

 

Kata kunci:sanitasi, lingkungan, rumah kos, mahasiswa

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext |  Turnitin
Turnitin
Subject
Type Turnitin
  Download (389KB)    Indexing metadata
 CTA
Copyright Transfer Agreement
Subject
Type CTA
  Download (3MB)    Indexing metadata
 ES
Etichal Statement
Subject
Type ES
  Download (5MB)    Indexing metadata
Keywords: Environmental health

Last update: 2021-07-31 13:58:23

No citation recorded.

Last update: 2021-07-31 13:58:23

No citation recorded.