skip to main content

Analisis Kepuasan Keluarga Pasien Poli Psikiatri Rumah Sakit H.A. Djunaid Kota Pekalongan Tahun 2017

*Dina Wati  -  RS H.A. Djunaid Kota Pekalongan, Indonesia
Chriswardani Suryawati  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Bagoes Widjanarko  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit H.A. Djunaid, khususnya Poli Psikiatri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu sejumlah 85 pasien (1%) tahun 2014, menjadi 588 pasien (6%) tahun 2015, meningkat lagi sebanyak 2.232 pasien (17%) tahun 2016, dan tahun 2017 sebanyak 5997 pasien (21%). Kenaikan jumlah pasien diikuti bertambahnya keluhan. Keluhan berasal dari keluarga pasien Poli Psikiatri yang merupakan permasalahan yang harus segera di tindaklanjuti oleh pihak manajemen. Meningkatnya jumlah keluhan dari tahun ke tahun yaitu pada tahun 2014 sebanyak 3 kasus (5%), tahun 2015 menjadi 10 kasus (17%), tahun 2016 menjadi 12 kasus (22%), tahun 2017 menjadi 16 kasus (33%). Ketidakpuasan berbeda satu sama lain tergantung faktor internal dari tiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap, dan minat terhadap kepuasan keluarga pasien di Poli Psikiatri RS H.A. Djunaid Kota Pekalongan.

Penelitian ini merupakan penelitian inferensial kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 204 responden dengan kriteria tertentu, menggunakan instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan dianalisis menggunakan regresi logistik.

 Hasil penelitian menunjukkan rata-rata usia responden 45 tahun,
berjenis kelamin laki-laki, pendidikan SLTP, bekerja sebagai wiraswasta, berpengetahuan baik, memiliki sikap positif dan minat yang tinggi. Terdapat hubungan yang bermakna masing-masing variabel yaitu pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), minat (p=0,000), umur (p=0,001), jenis kelamin (p=0,000), pendidikan (p=0,000), dan pekerjaan (p=0,000) terhadap kepuasan. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan dimensi kepuasan, meliputi kenyamanan pelayanan, ketersediaan, karakter pemberi pelayanan, pembiayaan dan mutu pelayanan. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah pengetahuan. Keluarga pasien dengan pengetahuan baik memiliki risiko 2,427 kali lebih besar untuk tidak puas terhadap pelayanan dibanding dengan yang berpengetahuan kurang baik.

Saran yang bisa diberikan adalah dengan memperbaiki kualitas pelayanan seperti, edukasi kepada pasien/keluarga tentang kesehatan, pelatihan service excellent bagi petugas dan lain-lain. Sehingga diharapkan kepuasan akan meningkat. 


Kata Kunci      : Poli Psikiatri, Kepuasan, Keluarga Pasien

Pustaka           : 57 (1991-2017)

Fulltext View|Download
Keywords: Poli Psikiatri, Kepuasan, Keluarga Pasien

Article Metrics:

  1. Kepmenkes No. 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, 2008
  2. Kotler, P. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga; 2005
  3. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2013
  4. Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Profil Kesehatan Kota Pekalongan. Pekalongan: Dinkes; 2014
  5. Profil Rumah Sakit H.A. Djunaid Kota Pekalongan
  6. Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007
  7. Andersen RM. Revisiting the Behavioral Model and Access of Medical Care: does it matter?. Journal of health and social behavior. 1995; 36; 1-10
  8. Purwanto, N. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2000
  9. Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rhineka Cipta; 2001
  10. Krowinski, W. J., & Steiber. Measuring and Managing Patient Satisfaction Second Edition. American Hospital Association Company: America; 1996
  11. Azwar, A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan; 1996
  12. Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010
  13. Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2006
  14. Purwanto, N. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2000

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-24 12:35:34

No citation recorded.