BibTex Citation Data :
@article{JMKI22590, author = {Fanny Hakim and Chriswardani Suryawati}, title = {Analisis Hubungan KarakteristiK Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Darul Istiqomah Kendal}, journal = {Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia}, volume = {7}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {kepuasan pasien; BPJS; pelayanan rumah sakit}, abstract = { RS Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal merupakan RS tipe D yang ingin meningkatkan mutu pelayanannya setelah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Peningkatan mutu pelayanan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien. Untuk mengukur tingkat kepuasan pasien ada sepuluh indikator yang dikembangkan Linder-pelz(1982) dalam krowinski antara lain accessibility/convenience;availability of resources ; continuity of care ; efficacy/outcomes of care ; finances ; humaneness ; information gathering ; information giving ; pleasantness of surroundings ; quality/competence . Desain penelitian ini cross sectional dengan pendekatan kuantitatif, jumlah sampel 120 dengan mengukur tingkat kepuasan antara karakteristik pasien yang meliputi umur; jenis kelamin; pendidikan; pekerjaan; penghasilan; status kepesertaan JKN dengan 10 indikator yang dikembangkan Linder-pelz(1982). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden merupakan pasien peserta BPJS PBI dengan berpenghasilan < 1500000. Rata-rata pasien puas terhadap pelayanan rawat inap. Indikator dengan skor kepuasan tertinggi adalah indikator quality/competence (87,5%) dan dimensi dengan skor kepuasan terendah adalah dimensi availability of Resources (61,66%). Penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan kepuasan (p=0,304), dan antara usia dengan kepuasan (p=0, 346), ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan kepuasan, penghasilan dengan kepuasan, status kepesertaan BPJS dengan kepuasan, antara pendidikan dengan kepuasan (p=0,00). Kesimpulan dari penelitian ini untuk manajemen RSDI yang harus segera diprioritaskan Kesiap siagaan perawat, kelengkapan alat pemeriksaan kesehatan, kemudahan cara pembiayaan pelayanan, tidak adanya biaya tambahan untuk obat tertentu, keseragaman dalam pelayanan keperawatan, penyampaian informasi tindakan, penyampaian informasi keadaan klinis, kebersihan dan kenyamanan lingkungan RS dan kompetensi karyawan.. }, issn = {2548-7213}, pages = {157--162} doi = {10.14710/jmki.7.3.2019.157-162}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/22590} }
Refworks Citation Data :
RS Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal merupakan RS tipe D yang ingin meningkatkan mutu pelayanannya setelah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Peningkatan mutu pelayanan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien. Untuk mengukur tingkat kepuasan pasien ada sepuluh indikator yang dikembangkan Linder-pelz(1982) dalam krowinski antara lain accessibility/convenience;availability of resources; continuity of care; efficacy/outcomes of care; finances; humaneness; information gathering; information giving; pleasantness of surroundings; quality/competence.
Desain penelitian ini cross sectional dengan pendekatan kuantitatif, jumlah sampel 120 dengan mengukur tingkat kepuasan antara karakteristik pasien yang meliputi umur; jenis kelamin; pendidikan; pekerjaan; penghasilan; status kepesertaan JKN dengan 10 indikator yang dikembangkan Linder-pelz(1982).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden merupakan pasien peserta BPJS PBI dengan berpenghasilan < 1500000. Rata-rata pasien puas terhadap pelayanan rawat inap. Indikator dengan skor kepuasan tertinggi adalah indikator quality/competence(87,5%) dan dimensi dengan skor kepuasan terendah adalah dimensi availability of Resources (61,66%). Penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan kepuasan (p=0,304), dan antara usia dengan kepuasan (p=0, 346), ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan kepuasan, penghasilan dengan kepuasan, status kepesertaan BPJS dengan kepuasan, antara pendidikan dengan kepuasan (p=0,00).
Kesimpulan dari penelitian ini untuk manajemen RSDI yang harus segera diprioritaskan Kesiap siagaan perawat, kelengkapan alat pemeriksaan kesehatan, kemudahan cara pembiayaan pelayanan, tidak adanya biaya tambahan untuk obat tertentu, keseragaman dalam pelayanan keperawatan, penyampaian informasi tindakan, penyampaian informasi keadaan klinis, kebersihan dan kenyamanan lingkungan RS dan kompetensi karyawan..
Article Metrics:
Last update:
Relationship Between Characteristics of Class 3 Inspired Patients With Service Satisfaction at Mokopido General Hospital, Tolitoli Regency
Last update: 2024-11-20 04:48:19
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to JMKI journal and Master’s Study Program in Public Health, Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JMKI journal and Master of Public Health Study Program, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JMKI journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JMKI]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Farid Agushybana, S.KM., Ph.D (Editor-in-Chief)Editorial Office of Jurnal Manajemen Kesehatan IndonesiaMaster of Public Health Study Program, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp./Fax: +62-24-7460044Email: hybana@gmail.com / jmki@live.undip.ac.id
Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia (e-ISSN: 2548-7213, p-ISSN: 2303-3622) is published by Master of Publich Health, Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View statistics