skip to main content

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Program Pendampingan Ibu Hamil Oleh Gasurkes (Petugas Surveilans Kesehatan) Di Kota Semarang

Septyana Fauzy  -  Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sutopo Patria Jati  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Farid Agushybana orcid scopus  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Program pendampingan oleh gasurkes (petugas surveilans Kesehatan) di Kota Semarang telah dilaksananakan oleh Dinas Kesehatan yang bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu yang masih cukup tinggi. Pendampingan yang dilakukan oleh gasurkes tumpang tindih dengan pendampingan oleh kader dan PKK sehingga membuat ibu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi program pendampingan ibu hamil terkait tingkat kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan yang diterima.

Desain penelitian ini cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah ibu hamil di Puskesmas Pandanaran dan Puskesmas Kedungmundu. Subjek penelitian 34 ibu hamil dari wilayah kerja Puskesmas Pandanaran dan 76 ibu hamil dari wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Pengolahan dan analisis data menggunakan SmartPLS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pendidikan (T-statistik: 0,076), pekerjaan (T-statistik: 0,100) dan pengetahuan (T-statistik: 0,807) terhadap kepuasan ibu hamil dalam program pendampingan. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan ibu hamil dalam program pendampingan, T-statistik: 27,850 (>1,96).

Disarakan untuk melaksanakan program pendampingan secara terus-menerus karena memiliki dampak yang baik dan positif untuk ibu hamil dan juga dapat mendeteksi dini komplikasi selama masa kehamilan. Selain itu gasurkes diharapkan dapat lebih mudah dihubungi saat ibu hamil membutuhkan dan  lebih merespon terhadap keluhan yang disampaikan.

Fulltext View|Download
Keywords: service quality, satisfaction, pregnant mother; health surveillance officers

Article Metrics:

  1. Depkes RI. Infodatin Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Depkes; 2014
  2. Dinkes Kota Semarang. Buku Profil Kesehatan Kota Semarang. Semarang; 2016
  3. Malik, saepudin. Metodologi penelitian kesehatan masyarakat. Jakarta:TIM; 2011
  4. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro; 2016
  5. Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro;2013
  6. Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta. Rineka Cipta;2001
  7. Mursyida, Rikhly Faradisy, Atik Mawarni, and Farid Agushybana. "Kepuasan ibu hamil dan persepsi kualitas pelayanan antenatal care di puskesmas tanjung kabupaten sampang madura." Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 11.2 (2012): 174-181
  8. Manik, Ester, and Wiarah Wiarah. "Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Paramedis Di Rumah Sakit Cibabat Kota Cimahi." Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 8.2 (2014): 62-72
  9. Wahyuni, Tiara, Amel Yanis, and Erly Erly. "Hubungan komunikasi dokter–pasien terhadap kepuasan pasien berobat di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang." Jurnal Kesehatan Andalas 2.3 (2013): 175-177
  10. Maria, Agatha. Sikap dan Komunikasi Bidan terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil pada Pelaksanaan Antenatal Care.Jurnal Vokasi Kesehatan 1.5 (2015): 136-141
  11. Yamit Z. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia;2001
  12. Widjanarko, Bagoes, Priyadi Nugraha Prabamurti, and Edi Widayat. "Pengaruh karakteristik, pengetahuan dan sikap petugas pemegang program tuberkulosis paru puskesmas terhadap penemuan suspek TB Paru di Kabupaten Blora." Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 1.1 (2006): 41-52
  13. Maria, Agatha. Sikap dan Komunikasi Bidan terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil pada Pelaksanaan Antenatal Care.Jurnal Vokasi Kesehatan 1.5 (2015): 136-141
  14. Solang, Sisca, Anastance Lohoraung, and Atik Purwandari. "Hubungan Kepuasan Pelayanan Antenatal Care Dengan Frekuensi Kunjungan Ibu Hamil Di Puskesmas Kombos Kecamatan Singkil Kota Manado." Jurnal Gizido 4.1 (2012): 349-357
  15. Ambariani, Ambariani, et al. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Santun Lansia Pada Kepuasan Pasien Lanjut Usia Di Puskesmas Santun Lanjut UsiaKabupaten Bogor Jawa Barat." Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care) 1.1 (2014): 61-68
  16. Susmaneli, Herlina, and Ani Triana. "Dimensi mutu pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien program Jampersal." Kesmas: National Public Health Journal 8.8 (2014): 418-422
  17. Utama, Agung. "Analisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah sakit umum cakra husada Klaten." Jurnal Opsi 1.2 (2003): 96-110
  18. Mawarti, Fitri. Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Kota Pangkalpinang Tahun 2015. Jurnal kedokteran dan kesehatan, 3, 1, JANUARI 2016:363-371

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-13 12:52:50

No citation recorded.