skip to main content

Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Rs X Kota Madiun

Hartaty Sarma Sangkot orcid  -  Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
*Ulimaz Latifah  -  Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
Endang Sri Dewi Hastuti Suryandari orcid  -  Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia
Avid Wijaya orcid  -  Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

The patient's satisfied is an indicator that can be used to see the quality of health services. A health service can be said to be of high quality if it satisfies the expectations of the patient. Good service quality will form user commitment to reuse a service. The purpose of this study was to determine the effect of outpatient satisfaction on interest in revisits at Hospital X in Madiun City. This research is a quantitative analytic study with a cross sectional approach. This study was conducted on 100 outpatients at Hospital X in Madiun City using a questionnaire. The data collected were analyzed by univariate and bivariate. The chi square test was used in bivariate analysis. The results showed that 99% of outpatients were satisfied with the services provided and 97% of patients who were interested in making revisits. However, there was no effect of outpatient satisfaction on the interest in revisits at Hospital X in Madiun City (p Value = 1,000).

Fulltext View|Download
Keywords: Satisfaction; Interest; Revisit,; Quality; Hospital

Article Metrics:

  1. Kementerian Kesehatan R. Permenkes No.47 Tahun 2016. 2016
  2. Kementerian Kesehatan R. Permenkes No.3 Tahun 2020. Implement Sci [Internet]. 2020;39(1):1–15. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/152506/permenkes-no-3-tahun-2020
  3. Rosyidi MI, Sudarta IW, Susilo E. Manajemen Mutu Pelayanan. Yogyakarta, Indonesia: Gosyen Publishing; 2020
  4. Yeni I, Budi SC. Kepuasan Pasien TNI Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di RSPAU Dr. S. Hardjolukito. J Kesehat Vokasional. 2017;1(2):53
  5. Sulviandani S, Bachri S, Mubaraq R. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Morowali. J Ilmu Manaj Univ Tadulako. 2020;4(3):265–70
  6. Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien. J Kesehat vokasional. 2017;2(1):140–8
  7. Buchbinder SB, Shanks NH. Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran, EGC; 2014
  8. Rosmaladewi D, Widjaya L. Modul Praktikum Modul Praktikum. 2019;(Irm 112):1–50
  9. Wijono D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. 1 B. Surabaya: Airlangga University Press; 1999
  10. Deharja A, Nuraini N, Wijayanti RA. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS di Klinik Dr . M . Suherman Jember Tahun. Pros Semin Nas Has Penelit Politek Negeri Jember [Internet]. 2017;201–5. Available from: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/785/542
  11. Umam C, Muchlisoh L, Maryati H. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. Promotor. 2019;2(1):7
  12. Maulana D, Tamrin R, Alim A, Imran A. Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala. J Kesehat. 2019;12(2):99
  13. Denisa DL, Siti KP, Fatimah R. Hubungan Waktu Tunggu Pelayana Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam Rsud Kota Bogor Tahun 2018-2019. Promotor. 2020;3(3):231
  14. Subiyantoro E, Ambarwati AN. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Oleh Rumah Sakit Dengan Metode Servqual, Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. Semin Nas Pendidikan, Sains dan Teknol Fak Mat dan Ilmu Pengetah Alam Univ Muhammadiyah Semarang. 2017;77–82
  15. Munawir I. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. J Ilm Kesehat. 2018;17(3):15–22
  16. Alamsyah T. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli. Maj Kesehat Masy Aceh. 2019;2(3):78–88
  17. Shalamah UH, Indrawati F. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjungan Ulang di Balai Kesehatan. 2021;5(1):145–57
  18. Helmawati T, Handayani SD. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang yang dimediasi oleh Kepuasan Pasien di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta
  19. Hikmat R, Fazriah M. Hubungan Antara Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang. J Kesehat. 2020;6(1):645–53
  20. Basalamah KF, Ahri RA, Multazam M. Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Minat Kembali Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. An Idea Heal J. 2021;1(02):81–91
  21. Sukiswo SS. Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat. J-Kesmas J Fak Kesehat Masy (The Indones J Public Heal. 2018;5(1):12
  22. Jalias SJFD, Idris FP. Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di puskesmas tamalate makassar 2020. J Muslim Community Heal. 2020;1(2):37–49
  23. Wandebori H. Revisit Intention to Hospital: Factors Unveiled From a Case Study of Balimed Hospital. J Manaj Teor dan Terap | J Theory Appl Manag. 2017;10(3):205
  24. Solikhah. Hubungan Kepuasan Pasien dengan Minat Pasien dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Pengobatan. J Manaj Pelayanan Kesehat. 2008;11(04):192–9
  25. Pasungunaung SE al. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Kembali Pelayanan Oleh Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. J KESMAS. 2018;7(4):1–7

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-24 14:10:25

No citation recorded.