skip to main content

Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran di RSUP Dr. Kariadi Semarang

*Mimin Cahyo Retnosari  -  RSUP. Dr. Kariadi Semarang, Indonesia
Chriswardani Suryawati orcid  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Puji Harto orcid  -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian tentang efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan anggaran masih memerlukan penjabaran lebih lanjut. Pengelolaan keuangan BLU memerlukan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien, sehingga melahirkan good governance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan penganggaran terhadap kinerja keuangan di RSUP Dr. Kariadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi kualitatif studi kasus di RSUP Dr. Kariadi, memotret dan menganalisis pelaksanaan anggaran dengan prinsip ekonomi pada efektivitas dan efisiensi terhadap kinerja keuangan dengan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari data keuangan, anggaran dan penelitian kepustakaan. Informan penelitian ini terdiri dari lima informan yaitu Direktur Utama, Direktur Keuangan dan Barang Milik Negara, Koordinator Penyusunan dan Evaluasi Anggaran, Koordinator Perencanaan dan Evaluasi, dan Kepala Satuan Pemeriksaan Internal. Data penelitian merupakan hasil pengamatan di lapangan, melalui wawancara dan penyajian data secara ilmiah yaitu berupa laporan realisasi anggaran  dan laporan keuangan RSUP Dr. Kariadi. Perencanaan penganggaran BLU sudah terlaksana cukup optimal, transparansi cukup terbuka dan akuntabilitas program kegiatan dapat dipertanggungjawabkan. Pelaksanaan anggaran dengan prinsip efektivitas dan efisiensi di RSUP Dr. Kariadi telah dilaksanakan dengan baik, namun dari sisi fleksibilitas pengelolaan keuangan masih belum optimal. Kinerja keuangan berdasarkan efektivitas dan efisiensi perencanaan anggaran BLU berdampak pada pendapatan operasional dan biaya operasional rumah sakit. Efektivitas dan efisiensi memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja keuangan di RSUP Dr. Kariadi, baik pengaruh positif maupun negatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan sosialisasi kepada semua unit kerja untuk penerapan efektivitas dan efisiensi dalam menyusun program kegiatan operasional rumah sakit.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (77KB)    Indexing metadata
Keywords: Perencanaan Penganggaran; Efektivitas, Efisiensi, Kinerja keuangan

Article Metrics:

  1. Mardiasmo. Efisiensi dan Efektivitas. Yogyakarta: Andi Pustaka; 2016
  2. Antari GAY. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangli. J Jur Pendidik Ekon. 2016;7(2)
  3. Dirjend Perbendaharaan RI. Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-36/PB/2016 Pasal 3 tentang Penilaian Aspek Keuangan. 2016
  4. Puspitasari VI, Lutfillah NQ, Isrowiyah A. Mengungkap Proses Penyusunan Laporan Keuangan pada Rumah Sakit Pemerintah. J Ris dan Apl Akunt dan Manaj. 2021;5(1)
  5. Tama AI. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Sebagai Badan Layanan Umum Daerah. J Penelit Teor Terap Akunt. 2020;5(2)
  6. Tama AI. Kajian Kemandirian Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Sebagai Badan Layanan Umum Daerah. Optim J Ekon dan Kewirausahaan. 2019;12(2)
  7. Menkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1675/MENKES/2005 tentang Satuan Kerja Berstatus BLU. 2005
  8. Menkeu RI. Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum. 2020
  9. Mendagri RI. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690.900-327 Tahun 1996 tentang Kriteria Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Anggaran. 1996
  10. Brusca I, Martínez JC. Adopting International Public Sector Accounting Standards: a challenge for modernizing and harmonizing public sector accounting. Int Rev Adm Sci. 2016;82(4)

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 03:50:07

No citation recorded.