skip to main content

Analisis Waste Alur Pelayanan Rawat Jalan RS. Mata Undaan Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Waktu Tunggu

*Vinna Amalia Resi Damayanti orcid  -  Prodi Administrasi Rumah Sakit, STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo, Indonesia
Ernawaty Ernawaty  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Rumah Sakit Mata Undaan memiliki Indikator wajib yang salah satunya adalah waktu tunggu pelayanan yaitu di rawat jalan. Indikator pada waktu tunggu pelayanan di rawat jalan yaitu (≤ 60 menit) dengan target 100%. Pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2019, capaian indikator waktu tunggu pelayanan rawat jalan sebesar 44,8%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi untuk meningkatan capaian waktu tunggu rawat jalan khusus dan rawat jalan umum RS Mata Undaan Surabaya dengan menganalisis waste yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional study dengan sampel petugas di Instalasi rawat jalan dan pasien yang berobat di Instalasi rawat jalan pada periode Februari-Maret 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 jenis waste yang terjadi di setiap proses pelayanan yang dilalui oleh pasien mulai dari pendaftaran sampai dengan mengambil obat di farmasi yang didapatkan dari hasil observasi waktu tunggu pelayanan berupa hasil stopwatch dengan satuan menit per detik dengan melihat perbandingan antara nilai standar deviasi dengan mean. Jika nilai standar deviasi > dari nilai mean, maka dinyatakan sebagai pemborosan (waste). 8 jenis pemborosan (waste) tersebut selanjutnya diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kategori waste yang telah peneliti temukan, diantaranya terdapat 4 (empat) tergolong waiting, 3 (tiga) yang tergolong unappropriate processing, dan 1 (satu) yang termasuk transportation. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah melakukan penjadwalan ulang bagi dokter, dilakukannya perencanaan E-rekam medis untuk penyimpanan berkas pasien, serta menjaga kebersihan dan pemeliharaan rutin disetiap fasilitas pendukung yang ada di Instalasi rawat jalan.

 

Kata Kunci : Alur Pelayanan, Instalasi Rawat Jalan, Waste, Waktu Tunggu

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Results
LAMPIRAN dari hasil Analisis Waste Alur Pelayanan Rawat Jalan RS. Mata Undaan Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Waktu Tunggu
Subject Alur Pelayanan, Instalasi Rawat Jalan, Waste, Waktu Tunggu
Type Research Results
  Download (383KB)    Indexing metadata
Keywords: Alur Pelayanan, Instalasi Rawat Jalan, Waste, Waktu Tunggu
Funding: STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo Surabaya under contract 13261

Article Metrics:

  1. Kemenkes ‘Kebijakan Pelayanan Refraksi’, Reseach; 2012
  2. Selvia Septiani, Ade, Putri Asmita Wigati, Eka Yunila Fatmasari Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Jl Sudharto, and Kampus Undip Tembalang. 5 GAMBARAN SISTEM ANTRIAN PASIEN DALAM OPTIMASI PELAYANAN DI LOKET PENDAFTARAN INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI. 2017. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm
  3. Depertemen Kesehatan RI. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; (2008)
  4. Tusrini, Weni et al. “Analisis WaktuTunggu Dan Waktu Pelayanan Pendaftaran Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung Tahun 2019.” 2022, Jurnal Sehat Masada XVI: 209–11
  5. Puspitaloka Mahadewi E, Heryana A, Kurniawati Y, Ayuba I. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Analysis of Waiting Time Lung Polyclinic Service at The Regional General Hospital (RSUD) Tangerang
  6. Iswanto, A. H. LEAN Implementation in Hospital Department How to Move From Good to Great Services, New York, Routledge Taylor & Francis
  7. Group A Productivity Press Book; 2019
  8. Martin, Agung, and Sonia Dina. “Tinjauan Lama Waktu Pelayanan Rekam Medis Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Salak Kota Bogor Tahun 2021.” 2021, 1 No.3: 364–65
  9. Nugraheni, Reny. “ANALISIS PELAYANAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT X KEDIRI JAWA TIMUR ANALYSIS SERVICES MEDICAL RECORD IN BHAYANGKARA HOSPITALS KEDIRI-EAST JAVA.” 2015, Jurnal Wiyata 2 No. 2: 172–75
  10. Iswanto, A Heri. “Reduksi Waktu Tunggu Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit.” 2022, 22(1): 2549–4236
  11. Besterfield, Dale H. Quality Control, Fourth Edition, New Jersey:
  12. Prentice-Hall Inc. 2004
  13. Graban, M. Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement, Third Edition; 2016
  14. Harinaldi. 'Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains, Erlangga, Jakarta; 2005
  15. Payung, E. A. and Idayani, S. ‘Gambaran Kecepatan Pelayanan Resep Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara’, 2019, Media Farmasi, 15(1), p. 18. doi: 10.32382/mf.v15i1.798
  16. Oktamianiza and Rahmi, L. N. ‘Tinjauan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dalam Melakukan Pembayaran (Billing System) Di RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2018’ 2019, 8(5), p. 55
  17. Torry, T., Koeswo, M. and Sujianto, S. ‘Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik penyakit dalam RSUD Dr. Iskak Tulungagung’, 2016, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), pp. 252–257. doi: 10.21776/ub.jkb.2016.029.03.3
  18. Rahmawati, M. A., Nuraini, N. and Hasan, D. A. ‘Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di RSU Haji Surabaya’,2020, J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), pp. 247–254
  19. Safitri, A., Nurfianti, A. and Hastuti, M. F. ‘Hubungan Motivasi Kerja Perawat Terhadap Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Pada Tahap Administrasi Obat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak’, 2018, Jurnal Keperawatan, 372(2), pp. 2499–2508. Available at: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcent ral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0A
  20. Sucipto, F. P. ‘Analisis Faktor Penyediaan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam RSU Kota Tangerang Selatan’, 2019, Indonesian of Health Information Management Journal, 7(1), pp. 22–30
  21. Tiwari, V., Queenan, C. and St. Jacques, P. ‘Impact of waiting and provider behavior on surgical outpatients’ perception of care’, 2017, Perioperative Care and Operating Room Management, 7, pp. 7–11. doi: 10.1016/j.pcorm.2017.03.002
  22. Yuganingsih, Tia, Gunawan P. Widodo, and Opstaria Saptarini. “Pendekatan Lean Hospital Untuk Meminimalkan Wastedi Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali.” 2021, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes 12: 55–56
  23. Hermining Astuti, Fatma, and Tyan Saskia. “ANALISIS LEAN HEALTHCARE GUNA MEMINIMASI WASTE PADA POLIKLINIK PENYAKIT ANAK.” JISI: JURNAL INTEGRASI SISTEM INDUSTRI 2021, 8: 0. https://dx.doi.org/10.24853/jisi.8.1.23-33
  24. Departemen Kesehatan RI. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI; 2006
  25. Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan; 2009
  26. Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No.44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit; 2009

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 07:13:45

No citation recorded.