skip to main content

Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas oleh Masyarakat di Daerah Perbatasan Kecamatan Entikong

*Feny Widiyastuty  -  Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Indonesia
Chriswardani Suryawati  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Daerah perbatasan di Indonesia termasuk ke dalam wilayah terpencil dan terisolir dengan kondisi geografis yang ekstrim dan infrastruktur yang minim. Keberadaan puskesmas juga belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di daerah perbatasan. Puskesmas Entikong merupakan puskesmas yang terletak di daerah perbatasan memiliki capaian pelayanan rawat jalan rata-rata pertahun hanya sebesar 46,1% dan rawat inap 11%. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Entikong Kabupaten Sanggau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Jumlah responden sebanyak 250 KK dipilih menggunakan tekhnik proporsional random sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi dari masing-masing variabel yaitu kebutuhan (preceived need) (p=0,000), asuransi kesehatan (p=0,033), jarak tempuh (p=0,423), waktu tempuh (p=0,221), budaya (p=0,000), persepsi sakit (p=0,018), dan persepsi pelayanan kesehatan (p=0,309). Faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah kebutuhan (preceived need), asuransi kesehatan, budaya dan persepsi sakit. Faktor yang tidak berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah jarak tempuh, waktu tempuh dan persepsi pelayanan kesehatan. Pemberian informasi tentang kesehatan kepada masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan, memenuhi sarana prasarana Pustu/Polindes, mendekatkan askes pelayanan serta meningkatkan cakupan kepemilikan asuransi kesehatan di harapkan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan di Puskesmas Entikong. 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Data Pendukung_JMKI
Subject
Type Research Instrument
  Download (180KB)    Indexing metadata
Keywords: Pemanfaatan, Pelayanan Puskesmas, Daerah Perbatasan

Article Metrics:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2020. IT - Information Technology vol. 48 (2020)
  2. Prety, P., Hendrartini, Y. & Wahyuni, H. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Status Wilayah dan Kepemilikan Jaminan Kesehatan Nasional (Kajian Susenas Tahun 2015). Tunas-Tunas Ris. Kesehat. 9, 23–31 (2019). http://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2trik/article/view/2trik9105/9105
  3. Raharjo, S. N. I. Indonesia Policy On The Land Border Area Management With Malaysia (An Evaluative Study In The Entikong District). Widyariset 16, 71–79 (2013). DOI: 10.14203/widyariset.16.1.2013.71-80
  4. Suharmiati, Dwi Laksono, A. & Wahyu Dwi Astuti. Review Kebijakan Tentang Pelayanan Kesehatan Puskesmas Di Daerah Terpencil Perbatasan (Policy Review on Health Services in Primary Health Center in the Border and Remote Area). Bul. Penelit. Sist. Kesehat. 16, 109–116 (2013). DOI: 10.22435/bpsk.v16i2Apr.3299
  5. Sudiar, S. Pembangunan Wilayah Perbatasan Negara: Gambaran Tentang Strategi Pengelolaan Kawasan Perbatasan Darat di Provinsi Kalimantan Utara. J. Adm. Reform 3, 489–500 (2015)
  6. Lestari, T. R. P. Pelayanan Kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan. Info Singk. Kesejaht. Sos. V, 9–12 (2013)
  7. Wiyanti, Sri;Kusnanto, Hari;Hasanbasri, M. Pola Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Daerah Tertinggal, Perbatasan, Kepualauan Dan Terpencil (DTPK-T) Di Indonesia(Analisis Data RISKESDAS 2013). (2016). DOI: https://doi.org/10.22146/jmpk.v19i2.1933
  8. Sorkin, A. L. Health Economic, an Introduction. (1984)
  9. Trisnantoro, L. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. (Gajahmada University Press, 2004)
  10. Sarumpaet, S. M., Tobing, B. L. & Siagian, A. Perbedaan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Perkotaan dan Daerah Terpencil. Kesmas Natl. Public Heal. J. 6, 147 (2012). DOI: http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v6i4.91
  11. Irawan, B. & Ainy, A. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. J. Ilmu Kesehat. Masy. 9, 189–197 (2018). DOI: https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.3.189-197
  12. Rani Kusuma, Lisdrianto Hanindriyo, T. K. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabeling dan Need Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Pada Puskesmas di Kabupaten Tojo Una Una. 2–3 (2016). http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/102820
  13. Kristina, Y. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja di Kota Jayapura. J. Biol. Papua 9, 63–73 (2018). https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JBP/article/viewFile/115/109
  14. Nonasri, fitra galih. Karakteristik Dan Perilaku Mencari Pengobatan ( Health Seeking Behavior ) Pada Penderita Hipertensi. J. Med. Hutama 02, 402–406 (2020). https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/153
  15. Fatimah, S. & Indrawati, F. Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia J. Public Heal. Res. Dev. 1, 84–94 (2019). DOI https://doi.org/10.15294/higeia.v3i1.24747
  16. Ulfa, Z. D., Kuswardinah, A. & Mukarromah, S. B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Maternal Secara Berkelanjutan. Public Heal. Perspect. J. 2, 184–190 (2017). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/13589/7487
  17. Pratiwi, A. & Raharjo, B. B. Pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes) Universitas Negeri Semarang. Higeia J. Public Heal. Res. Dev. 1, 49–60 (2017). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/15273
  18. Sjukur, I. Analisis Need dan Demand Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Arosbaya Kabupaten Bangkalan. (Universitas Airlangga Surabaya, 2014). https://repository.unair.ac.id/23566/
  19. Zaini, R., Khodijah Parinduri, S. & Dwimawati, E. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tegal Gundil Kota Bogor Tahun 2020. Promotor 5, 484 (2022). DOI: 10.32832/pro
  20. Purba, H. L. K., Jati, S. P. & Kusumastuti, W. Hubungan Faktor Pemungkin, Pendukung, dan Kebutuhan Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Martoba Selama Pandemi Covid-19. Media Kesehat. Masy. Indones. 21, 217–223 (2022). DOI: https://doi.org/10.14710/mkmi.21.4.217-223
  21. Ambo, K. & Syawal, S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir Di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. Fac. Public Heal. Univ. Halu Oleo 1, 1–9 (2016). https://media.neliti.com/media/publications/185274-ID-faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-pe.pdf
  22. Hidana, R., Shaputra, R. & Maryati, H. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Pasien Luar Wilayah di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Tahun 2018. Promot. J. Kesehat. Masy. 1, 105–115 (2018). http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/PROMOTOR/article/view/1596/1142
  23. Abas, R., Marwati, E. & Kurniawan, D. Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kelurahan Rum di Wilayah Kerja Puskesmas Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan. J. Biosainstek 2, 23–32 (2019). DOI: https://doi.org/10.52046/biosainstek.v2i01.313
  24. Sukmana, M. I. Hubungan Sosial Budaya Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Pelayanan Kesehatan (Studi Di Dusun Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang). (Universitas Muhammadiyah Malang, 2015). https://eprints.umm.ac.id/23381/
  25. Bukan, M., Limbu, R. & Ndoen, E. Media Kesehatan Masyarakat Gambaran Perilaku Pencarian Pengobatan Penyakit Tuberkulosis ( Tb ) Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Media Kesehatan Masyarakat. 2, 8–16 (2020). DOI: https://doi.org/10.35508/mkm.v2i3.2816
  26. Raodhah, S., Surahmawati & Darwis, M. Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Kunjungan Neonatus di Wilayah Kerja Puskesmas Balangnipa Tahun 2018. Al-Shihah Public Heal. Sci. J. 7, 183–192 (2018). DOI: https://doi.org/10.24252/as.v7i2.2005
  27. Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Prilaku. (PT Rineka Cipta, 2007)
  28. Napirah, M. R., Rahman, A. & Tony, A. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. J. Pengemb. Kota 4, 29 (2016). DOI: 10.14710/jpk.4.1.29-39
  29. Syifa, M., Husna, A., Marniati, Reynaldi, F. & SA, S. Hubungan Persepsi Pasien dengan Mutu Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. J. Jurmakemas 1, 39–55 (2021). http://jurnal.utu.ac.id/JURMAKEMAS/article/view/3332
  30. Armada, Reny Listiawaty, N. B. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan MInat Kunjungan Ulang Pasien Ke Puskesmas Air Laut Hitam. J. Kesehat. Masy. Mulawarman 5, 248–253 (2020). https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/article/view/4695/pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-29 08:26:27

No citation recorded.