BibTex Citation Data :
@article{JPKI5563, author = {Cicilia Presska A.K and Trixie Salawati and Rahayu Astuti}, title = {Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Kecacingan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Madrasah Ibtidaiyah An Nur Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang}, journal = {Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia}, volume = {7}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {}, abstract = { Latar belakang : Anak usia SD sangat rentan terkena kecacingan. Hasil studi pendahuluan diMadrasah Ibtidaiyah (MI) An Nur di Kelurahan Penggaron Kidul, Kecamatan Pedurungan,Kota Semarang menunjukkan adanya faktor risiko yang memungkinkan siswa-siswa tersebutterinfeksi kecacingan. Selanjutnya banyak dari siswa yang tidak mengetahui tentang penyakitkecacingan. Untuk membantu mencegah terjadinya infeksi kecacingan di MI tersebut, makadiperlukan penyuluhan kesehatan dengan media yang tepat agar mudah dipahami sehinggaberpengaruh pada pengetahuan dan sikap siswa. Tujuan : untuk mengetahui pengaruhpenyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap tentang kecacingan. Metode : jenispenelitian ini adalah eksperimen semu, dengan menggunakan rancangan pre test post test design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI An Nur Kelurahan Penggaron Kidul. Sampel diambilsecara purposive pada siswa kelas IV, V, VI yaitu berjumlah 44 siswa, kemudina dibagi menjadi2 kelompok secara random. Kelompok pertama diberi penyuluhan kesehatan melalui ceritabergambar, dan kelompok kedua melali ceramah. Analisis bivariat menggunakan uji tberpasangan Wilcoxon, sedangkan untuk mengetahui pengaruh antara dua kelompokmenggunakan uji t independen dan Man Whitney. Hasil : Hasil : Ada perbedaan secara signifikanantara pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi pada masing-masing kelompok.Selanjutnya ada perbedaan secara signifikan antara peningkatan pengetahuan dan sikap antarakelompok yang diintervensi menggunakan cerita bergambar dengan ceramah. Kata Kunci : Kecacingan, Pengetahuan, Sikap, Cerita bergambar, Ceramah Background : School-age children are very susceptible to worms infection. the result ofpreliminary study at An Nur Islamic Elementary School showed there are risk factors ofoccurrence of diseases of intestinal worms. Furthermore many of the students at An Nur Islamicelementary School do not know about worms infection. Purpose: to determine the effect ofhealth education on knowledge and attitudes about worms infection among students at An NurIslamic Elemntary School. Methods: This research type is Quasi experimental, by using pre testpost test design. Amount of samples are 44. The data analyzed by using paired t-Test. Results:There is a sigficant different between knowledge and attitudes before and after intervention ineach group. Furthermore there are significant different between the increase in knowledge andattitudes between the intervention group using a picture story than a lecture. Key words : Worms, Knowledge, Attitude, Picture Story, Lecture }, issn = {2620-4053}, pages = {184--190} doi = {10.14710/jpki.7.2.184-190}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/view/5563} }
Refworks Citation Data :
Latar belakang : Anak usia SD sangat rentan terkena kecacingan. Hasil studi pendahuluan diMadrasah Ibtidaiyah (MI) An Nur di Kelurahan Penggaron Kidul, Kecamatan Pedurungan,Kota Semarang menunjukkan adanya faktor risiko yang memungkinkan siswa-siswa tersebutterinfeksi kecacingan. Selanjutnya banyak dari siswa yang tidak mengetahui tentang penyakitkecacingan. Untuk membantu mencegah terjadinya infeksi kecacingan di MI tersebut, makadiperlukan penyuluhan kesehatan dengan media yang tepat agar mudah dipahami sehinggaberpengaruh pada pengetahuan dan sikap siswa. Tujuan : untuk mengetahui pengaruhpenyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap tentang kecacingan. Metode : jenispenelitian ini adalah eksperimen semu, dengan menggunakan rancangan pre test post test design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI An Nur Kelurahan Penggaron Kidul. Sampel diambilsecara purposive pada siswa kelas IV, V, VI yaitu berjumlah 44 siswa, kemudina dibagi menjadi2 kelompok secara random. Kelompok pertama diberi penyuluhan kesehatan melalui ceritabergambar, dan kelompok kedua melali ceramah. Analisis bivariat menggunakan uji tberpasangan Wilcoxon, sedangkan untuk mengetahui pengaruh antara dua kelompokmenggunakan uji t independen dan Man Whitney. Hasil : Hasil : Ada perbedaan secara signifikanantara pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi pada masing-masing kelompok.Selanjutnya ada perbedaan secara signifikan antara peningkatan pengetahuan dan sikap antarakelompok yang diintervensi menggunakan cerita bergambar dengan ceramah.
Kata Kunci : Kecacingan, Pengetahuan, Sikap, Cerita bergambar, Ceramah
Background : School-age children are very susceptible to worms infection. the result ofpreliminary study at An Nur Islamic Elementary School showed there are risk factors ofoccurrence of diseases of intestinal worms. Furthermore many of the students at An Nur Islamicelementary School do not know about worms infection. Purpose: to determine the effect ofhealth education on knowledge and attitudes about worms infection among students at An NurIslamic Elemntary School. Methods: This research type is Quasi experimental, by using pre testpost test design. Amount of samples are 44. The data analyzed by using paired t-Test. Results:There is a sigficant different between knowledge and attitudes before and after intervention ineach group. Furthermore there are significant different between the increase in knowledge andattitudes between the intervention group using a picture story than a lecture.
Key words : Worms, Knowledge, Attitude, Picture Story, Lecture
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-09-08 16:59:12
Authors still retain significant all copy rights to use and share their own published articles. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia and Universitas Diponegoro supports the need for authors to share, disseminate and maximize the impact of their research and these rights, in any databases.
As a journal Author, you have all copy rights for a large range of uses of your article, including use by your employing institute or company. These Author copy rights can be exercised without the need to obtain specific permission. Authors who publishing in JPKI have wide copy rights to use their works for teaching and scholarly purposes without needing to seek permission, including, but not limited to:
(but it should follow the open access license of Creative Common CC-by-SA License).
Authors/Readers/Third Parties can copy and redistribute the material in any medium or format, as well as remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, but they must give appropriate credit (the name of the creator and attribution parties (authors detail information), a copyright notice, an open access license notice, a disclaimer notice, and a link to the material), provide a link to the license, and indicate if changes were made.
Authors/Readers/Third Parties can read, print and download, redistribute or republish the article (e.g. display in a repository), translate the article, download for text and data mining purposes, reuse portions or extracts from the article in other works, sell or re-use for commercial purposes, remix, transform, or build upon the material, they must distribute their contributions under the same license as the original Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
View statistics