Penilaian Implementasi e-Government di PUSTEKOM Kemendikbud berbasis metode PEGI

According to the Survey UN (United Nations) in 2014, e-government and innovation can provide major opportunities to transform the public administration becomes a tool of sustainable development, provide services more transparent and more accountable. Formerly, the development of government services can be done with a variety of channels, either through online services, big data, social media, mobile applications, or cloud computing, have expanded our perception of e-government services. The research aims to assess the level of achievement of e-Government implementation in the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. Assessment is measured by the Indonesian e-Government Rating framework. The data in this research are obtained by qualitative approach and descriptive data analysis. The finding of this research that the implementation of e-Government in Ministry of Education and Culture in the category of "Very Good". Based on such an assessment, given the recommendation: assemblying policies Governance of ICT, aligning the ICT Master Plan by principle of ICT Governance, fulfilling documents related to human Resources of ICT and the application documents, the standardization of domain labeling and e-education, completing information systems/ technogy of management and organizational design, assemblying the development plan of e-education content, and development plans of information system and information technology.
Article Metrics:
- Kemenpan, 2011. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.11 tahun 2011 tentang Indikator Keberhasilan Reformasi Birokrasi, Jakarta
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2010. Buku renstra e-Pendidikan periode 2010-2014
- Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP), 2013. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/tentang-kemdikbud-lakip, diakses terakhir 14 Desember 2014
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012. Laporan Keuangan Kemdikbud 2012-Audited http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/tentang-kemdikbud-keuangan/ diakses terakhir 14 Desember 2014
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012. Laporan Keuangan Kemdikbud 2013-Unaudited, http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/tentang-kemdikbud-keuangan/ diakses terakhir 14 Desember 2014
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2010. Model sistem layanan berbasis TIK [Draft], Tim Reformasi Birokrasi Internal Pustekkom Kemdikbud
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. profil Pustekkom, http://setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom/hal-profil.html, diakses terakhir 14 Desember 2014
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2010. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan periode 2010-2014, http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/tentang-kemdikbud-renstra, diakses terakhir 14 Desember 2014
- Kemkominfo, 2012. Pemeringkatan E- Government Indonesia [slide Materi Dimensi Pemeringkatan dan Formulir Assesment]. Jakarta
- Kemkominfo, 2011. Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor:07/SE/M.KOMINFO/10/2011 tentang Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). Jakarta
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Permen RI No. 99 Tahin 2013 tentang Tata Kelola TIK di lingkugan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
- Pustekkom, 2013. Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia [slide presentasi Tata Kelola TIK di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI]
- Republik Indonesia, 2003. Instruksi Presiden No.6 Tahun 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media dan Informatika), Jakarta
- Republik Indonesia, 2003. Instruksi Presiden No.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, Jakarta
- United Nations, 2014. E-Government Survey 2014 “e-government for the future”, United Nations, New York published
Last update: 2021-02-25 07:57:26
Last update: 2021-02-25 07:57:27
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik JSINBIS dan Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Penulis mempunyai hak untuk hal-hal berikut:
- menggandakan seluruh atau sebagian materi yang dipublikasikan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai bahan pengajaran di kelas atau bahan presentasi lisan dalam berbagai forum;
- menggunakan kembali sebagian atau keseluruhan materi sebagai bahan kompilasi bagi karya tulis penulis;
- membuat salinan dari bahan yang dipublikasikan untuk didistribusikan di lingkungan institusi tempat penulis bekerja.
JSINBIS dan Universitas Diponegoro serta Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di JSINBIS adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.