skip to main content

Strategi Peningkatan Penjualan Produk Menggunakan Market Basket Analysis

*Neni Purwati  -  Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Indonesia
Sri Karnila  -  Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis)

Citation Format:
Abstract

Toko Galo-galo merupakan toko yang menjual hasil produk UMKM berupa makanan, yang awalnya hanya menjual produk somay, dengan semakin meningkatnya permintaan pelanggan, maka toko menambah aneka makanan frozen food seperti bakso, sosis, naget dan lain-lain. Melihat kebutuhan pelanggan yang beraneka ragam, maka salah satu strategi yang dilakukan yaitu menganalisis aneka produk apa saja yang dibeli secara bersamaan, sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi toko dan bagian pemasaran mengenai kombinasi produk yang diminati pelanggan. Proses pemasaran dan dokumentasi penjualan sebelumnya dengan menggunakanan layanan whatsapp, proses seperti ini dirasa kurang efektif dan efisien. Market Basket Analysis dengan Algoritma apriori dengan tahapan pengumpulan data, pra-pemrosesan data, transformasi data, dan dengan bantuan tools Orange pada tahap analisis pola frekuensi tinggi, menghasilkan frekuensi itemsets dengan MinSupp 30% sebagai The Most Tree Items yaitu Naget Salam 250gr-Support 100%, Otak-otak Sanjaya(25)-Support 100%, dan Chikuwa Mini Shifudo 500gr-Support 96.67%, dari penerapan algoritma apriori stok barang dapat ditambahkan jumlah produknya pada 3 produk tersebut, sedangkan pembentukan pola association rule dan pengujian Lift Ratio dari MinSupp 30%, MinConf 90%, Max Rules 30k, didapatkan Consequent Min Items 1 yaitu Otak-otak Sanjaya(25)-Naget Salam 250gr dengan Support 100%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, serta Consequent Min Items 2 yaitu Otak-otak Sanjaya(25), Chikuwa Mini Shifudo 500gr-Naget Salam 250gr, dengan Support 96.7%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, ini menunjukkan pasangan produk 2 dan 3 itemsets tersebut dapat disandingkan letaknya, atau posisi produknya dapat diletakkan berdekatan.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (1MB)    Indexing metadata
Keywords: Market Basket Analysis, Algoritma apriori, Pemasaran, Frozen Food

Article Metrics:

  1. Albab, M. U., & Hidayatullah, D. (2022). Penerapan Algoritma Apriori pada Sistem Informasi Inventori Toko. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1321–1328. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4160
  2. Aulia Miranda, S., Fahrullah, F., & Kurniawan, D. (2022). Implementasi Association Rule Dalam Menganalisis Data Penjualan Sheshop dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Metik Jurnal, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.47002/metik.v6i1.342
  3. Faid, M., Jasri, M., & Rahmawati, T. (2019). Perbandingan Kinerja Tool Data Mining Weka dan Rapidminer Dalam Algoritma Klasifikasi. Teknika, 8(1), 11–16. https://doi.org/10.34148/teknika.v8i1.95
  4. Fitriani, M., Nama, G. F., & Mardiana, M. (2022). Implementasi Association Rule Dengan Algoritma Apriori Pada Data Peminjaman Buku UPT Perpustakaan Universitas Lampung Menggunakan Metodologi CRISP-DM. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(1), 41–49. https://doi.org/10.23960/jitet.v10i1.2263
  5. Ginting, Y. S., Buaton, R., & ... (2022). Implementasi Metode Apriori Dalam Perencanaan Persediaan Obat Pada Apotek Safana. JTIK (Jurnal Teknik …, 6(2), 561–572. http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/869%0Ahttp://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/viewFile/869/618
  6. Kristania, Y. M., & Listanto, S. (2022). Implementasi Data Mining Terhadap Data Penjualan Dengan Algoritma Apriori Pada Pt. Duta Kencana Swaguna. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 364. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1973
  7. Nasution, L. S., Maya, W. R., Halim, J., & M, M. (2020). Data Mining Untuk Menganalisa Pola Pembelian Perak Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth Pada Toko Emas Dan Perak Adi Saputra Tanjung. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 3(2), 96. https://doi.org/10.53513/jsk.v3i2.2039
  8. Nofriansyah, D., & Nurcahyo, G. W. (2015). Algoritma data mining dan pengujian. Yogyakarta : Deepublish
  9. Pattraporn Jirapatsil, N. P. (2022). Market Basket Analysis for Fresh Products location improvement: A case study of E-Commerce Business Warehouse. Proceedings of the 4th International Conference on Management Science and Industrial Engineering, 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3535782.3535786
  10. Salsabilla C. Nurzanah, Alam, S., & Hermanto, T. I. (2022). Analisis Association Rule Untuk Identifikasi Pola Gejala Penyakit Hipertensi Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Klinik Rafina Medical Center). JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 5(2), 132–141. https://doi.org/10.33387/jiko.v5i2.4792
  11. Simangunsong, R. (2022). Market Basket Analysis Pada CV Okta Dengan Untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen Berbasis Algoritma Apriori. 2(6), 1–11
  12. Tajrin, T., Frans, D. E., Nainggolan, N. D., Marbun, J. A. F., & Gulo, S. J. (2022). Penerapan Algoritma Apriori Dalam Meningkatkan Produksi Budidaya Perikanan Menggunakan Association Rule. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(1), 153. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.510
  13. Takdirillah, R. (2020). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2081
  14. Taufiq, A. A., Ungkawa, U., & Fitrianti, N. (2022). Penerapan Metode Market Basket Analysis Dengan Algoritma Fp - Growth. Diseminasi FTI
  15. Turban, E., Aronson, J., & Liang, T. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (7th ed.). Andi Yogyakarta
  16. Widodo, A. A., & Fachrudin, I. A. (2022). PREDIKSI ITEMSET PROMOSI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS. KONVERGENSI, 18(1), 18–24
  17. Wilarto, A. H., & S, P. F. L. (2022). Algoritma Apriori Pada Pt . Telkom Indonesia. 16, 340–353
  18. Wiliyanto, R., Mahirah, A., & Firmansyah, F. I. (2022). Penentuan Strategi Promosi UMKM Fashion dan Souvenir dengan Metode Market Basket Analysis. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 4(2), 46–54. https://doi.org/10.20895/inista.v4i2.559

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-12 04:42:40

No citation recorded.