BibTex Citation Data :
@article{JSINBIS50242, author = {Neni Purwati and Sri Karnila}, title = {Strategi Peningkatan Penjualan Produk Menggunakan Market Basket Analysis}, journal = {Jurnal Sistem Informasi Bisnis}, volume = {13}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {Market Basket Analysis, Algoritma apriori, Pemasaran, Frozen Food}, abstract = { Toko Galo-galo merupakan toko yang menjual hasil produk UMKM berupa makanan, yang awalnya hanya menjual produk somay, dengan semakin meningkatnya permintaan pelanggan, maka toko menambah aneka makanan frozen food seperti bakso, sosis, naget dan lain-lain. Melihat kebutuhan pelanggan yang beraneka ragam, maka salah satu strategi yang dilakukan yaitu menganalisis aneka produk apa saja yang dibeli secara bersamaan, sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi toko dan bagian pemasaran mengenai kombinasi produk yang diminati pelanggan. Proses pemasaran dan dokumentasi penjualan sebelumnya dengan menggunakanan layanan whatsapp, proses seperti ini dirasa kurang efektif dan efisien. Market Basket Analysis dengan Algoritma apriori dengan tahapan pengumpulan data, pra-pemrosesan data, transformasi data, dan dengan bantuan tools Orange pada tahap analisis pola frekuensi tinggi, menghasilkan frekuensi itemsets dengan MinSupp 30% sebagai The Most Tree Items yaitu Naget Salam 250gr- Support 100%, Otak-otak Sanjaya(25)- Support 100%, dan Chikuwa Mini Shifudo 500gr- Support 96.67%, dari penerapan algoritma apriori stok barang dapat ditambahkan jumlah produknya pada 3 produk tersebut, sedangkan pembentukan pola association rule dan pengujian Lift Ratio dari MinSupp 30%, MinConf 90%, Max Rules 30k, didapatkan Consequent Min Items 1 yaitu Otak-otak Sanjaya(25)-Naget Salam 250gr dengan Support 100%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, serta Consequent Min Items 2 yaitu Otak-otak Sanjaya(25), Chikuwa Mini Shifudo 500gr-Naget Salam 250gr, dengan Support 96.7%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, ini menunjukkan pasangan produk 2 dan 3 itemsets tersebut dapat disandingkan letaknya, atau posisi produknya dapat diletakkan berdekatan. }, issn = {2502-2377}, pages = {96--103} doi = {10.21456/vol13iss2pp96-103}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/article/view/50242} }
Refworks Citation Data :
Toko Galo-galo merupakan toko yang menjual hasil produk UMKM berupa makanan, yang awalnya hanya menjual produk somay, dengan semakin meningkatnya permintaan pelanggan, maka toko menambah aneka makanan frozen food seperti bakso, sosis, naget dan lain-lain. Melihat kebutuhan pelanggan yang beraneka ragam, maka salah satu strategi yang dilakukan yaitu menganalisis aneka produk apa saja yang dibeli secara bersamaan, sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi toko dan bagian pemasaran mengenai kombinasi produk yang diminati pelanggan. Proses pemasaran dan dokumentasi penjualan sebelumnya dengan menggunakanan layanan whatsapp, proses seperti ini dirasa kurang efektif dan efisien. Market Basket Analysis dengan Algoritma apriori dengan tahapan pengumpulan data, pra-pemrosesan data, transformasi data, dan dengan bantuan tools Orange pada tahap analisis pola frekuensi tinggi, menghasilkan frekuensi itemsets dengan MinSupp 30% sebagai The Most Tree Items yaitu Naget Salam 250gr-Support 100%, Otak-otak Sanjaya(25)-Support 100%, dan Chikuwa Mini Shifudo 500gr-Support 96.67%, dari penerapan algoritma apriori stok barang dapat ditambahkan jumlah produknya pada 3 produk tersebut, sedangkan pembentukan pola association rule dan pengujian Lift Ratio dari MinSupp 30%, MinConf 90%, Max Rules 30k, didapatkan Consequent Min Items 1 yaitu Otak-otak Sanjaya(25)-Naget Salam 250gr dengan Support 100%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, serta Consequent Min Items 2 yaitu Otak-otak Sanjaya(25), Chikuwa Mini Shifudo 500gr-Naget Salam 250gr, dengan Support 96.7%, Confidence 100% dan Lift Ratio 1, ini menunjukkan pasangan produk 2 dan 3 itemsets tersebut dapat disandingkan letaknya, atau posisi produknya dapat diletakkan berdekatan.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Unveiling Consumer Behavior Patterns: A Comprehensive Market Basket Analysis for Strategic Insights
Last update: 2024-11-21 23:07:42
Authors who submit the manuscripts to Journal JSINBIS must understand and agree that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article belongs to JSINBIS and Diponegoro University as the journal publisher.
Copyright includes the exclusive right to reproduce and provide articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm and any other similar reproductions, as well as translations. The author reserves the rights to the following:
JSINBIS and Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no false or misleading data, opinions or statements are published in this journal. The content of articles published in JSINBIS is the sole and exclusive responsibility of the respective authors.
Copyright transfer agreement can be found here: [Copyright transfer agreement in doc] and [Copyright transfer agreement in pdf].
JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis) is published by the Magister of Information Systems, Post Graduate School Diponegoro University. It has e-ISSN: 2502-2377 dan p-ISSN: 2088-3587 . This is a National Journal accredited SINTA 2 by RISTEK DIKTI No. 48a/KPT/2017.
Journal JSINBIS which can be accessed online by http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats