skip to main content

Pencarian Informasi Berbasis Ontologi Menggunakan Semantik Indexing Pada Website Jejaring sosial

*Christian Lilik Henry  -  STEKOM Semarang, Indonesia
Eko Sediyono  -  UKSW Salatiga, Indonesia
Suhartono Suhartono  -  Teknik Informatika, FSM Undip, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada penelitian ini telah dibangun kerangka ontologi  untuk domain travel and tourism menggunakan sumber data dari twitter. Sebuah crawler telah dibangun untuk mengambil data dari twitter. Penelitian ini didasarkan adanya jumlah informasi yang cukup banyak pada twitter namun informasi tersebut cukup singkat sehingga ketika melakukan pencarian informasi, hasilnya kurang relevan. Dengan pembangunan ontologi, tujuan yang ingin dicapai adalah hasil pencarian yang lebih relevan karena knowledge dari informasinya telah diperluas. Terdapat tiga tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pembangunan crawler, pembangunan ontologi dan evaluasi dengan mesin pencari Solr server. Metode yang digunakan dalam pembangunan ontologi adalah kombinasi pendekatan top-down dan bottom-up. Pada tahap evaluasi digunakan perhitungan nilai average precission untuk menghitung tingkat akurasi hasil pencarian. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi crawler untuk mengambil data dari twitter, sebuah kerangka ontologi untuk domain travel and tourism, dan didapatkan hasil evaluasi pencarian data. Telah didapatkan nilai mean average precission dari data sederhana hasil crawler sebesar  36,60% dan pada data ontologi sebesar 91,50%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa akurasi pada data ontologi lebih baik dari data sederhana hasil crawler. Kerangka ontologi ini dapat dikembangkan untuk cakupan domain yang lebih luas, dan aplikasi crawler juga dapat dikembangkan untuk dapat mengambil sumber data lainnya.

Kata kunci : Ontologi, Semantik, Social Media, Pencarian, Indexing

Fulltext

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-29 22:17:33

No citation recorded.