ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN SPONTAN

*Aprilia Eka Sari  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 May 2014.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter unik yang dimiliki masyarakat Indonesia, dalam
hal ini adalah perilaku konsumen yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sebagian
besar konsumen lain yaitu salah satunya pembelian spontan atau pembeian impuls. Penelitian
ini mencoba untuk menganalis faktor yang mempengaruhi pembelian spontan dilihat dari respons
lingkungan belanja sebagai stimulus. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, 1 variabel independen
yaitu respon lingkungan toko dan variable dependen yaitu pembelian spontan. Penelitian ini
memakai metode eksperimen dan menggunakan 100 partisipan dan membaginya menjadi 2
yaitu grup eksperimen (yang diberi perlakuan) dan grup kontrol (yang tidak diberi perlakuan).
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Berdasarkan hasil uji t tersebut diketahui bahwa nilai
t hitung sebesar 7,947 lebih besar dari T tabel yaitu 1,9845 sehingga hipotesis dari penelitian
ini diterima. Artinya ada perbedaan atau pengaruh antara grup eksperimen yang diberi treatment
atau perlakuan dengan grup yang tidak diberi perlakuan atau grup kontrol terhadap pengambilan
keputusan pembelian spontan

Keywords: pembelian spontan, respon lingkungan belanja

Article Metrics:

Last update: 2021-03-08 08:19:27

No citation recorded.

Last update: 2021-03-08 08:19:28

No citation recorded.