ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK , PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK PERLENGKAPAN KUNCI DI PT KENARI DJAJA PRIMA SEMARANG

Abstract
Pada saat persaingan semakin ketat, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan
pelanggan dan memenangkan persaingan dengan syarat harus dapat menghasilkan dan
menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Oleh karena itu,
perlu diteliti pengaruh dari kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas layanan yang dapat
meningkatkan minat beli ulang konsumen. Adapun responden dalam penelitian ini adalah
konsumen PT. Kenari Djaja Prima Semarang.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh dari pembagian
kuesioner kepada responden yang memiliki kriteria telah melakukan pembelian berulang atau
minimal 2 kali pembelian. Untuk mengolah data tersebut menggunakan analisis regresi yang
dijalankan dengan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap minat
beli ulang, semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi minat beli ulang (0,195), (2)
persepsi harga memiliki pengaruh positif terhadap minat beli ulang, semakin tinggi persepsi
harga maka semakin tinggi minat beli ulang (0,206), (3) kualitas layanan memiliki pengaruh
positif terhadap minat beli ulang, semakin baik kualitas layanannya maka semakin tinggi
minat beli ulang (0,340). Pengaruh paling dominan terhadap minat beli ulang adalah kualitas
produk dan kualitas layanan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan kepada PT. Kenari Djaja Prima untuk
semakin meningkatkan kualitas produknya dan kualitas layanannya, karena hal ini merupakan
faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Keterbatasan
penelitian ini adalah bahwa penelitian ini merupakan studi kasus sehingga hasilnya tidak dapat
digeneralisir. Pada penelitian mendatang perlu untuk mengembangkan penelitian dengan
menambahkan variabel independen lain.
pelanggan dan memenangkan persaingan dengan syarat harus dapat menghasilkan dan
menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Oleh karena itu,
perlu diteliti pengaruh dari kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas layanan yang dapat
meningkatkan minat beli ulang konsumen. Adapun responden dalam penelitian ini adalah
konsumen PT. Kenari Djaja Prima Semarang.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh dari pembagian
kuesioner kepada responden yang memiliki kriteria telah melakukan pembelian berulang atau
minimal 2 kali pembelian. Untuk mengolah data tersebut menggunakan analisis regresi yang
dijalankan dengan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap minat
beli ulang, semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi minat beli ulang (0,195), (2)
persepsi harga memiliki pengaruh positif terhadap minat beli ulang, semakin tinggi persepsi
harga maka semakin tinggi minat beli ulang (0,206), (3) kualitas layanan memiliki pengaruh
positif terhadap minat beli ulang, semakin baik kualitas layanannya maka semakin tinggi
minat beli ulang (0,340). Pengaruh paling dominan terhadap minat beli ulang adalah kualitas
produk dan kualitas layanan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan kepada PT. Kenari Djaja Prima untuk
semakin meningkatkan kualitas produknya dan kualitas layanannya, karena hal ini merupakan
faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Keterbatasan
penelitian ini adalah bahwa penelitian ini merupakan studi kasus sehingga hasilnya tidak dapat
digeneralisir. Pada penelitian mendatang perlu untuk mengembangkan penelitian dengan
menambahkan variabel independen lain.
Keywords: kualitas produk, persepsi harga, kualitas layanan, minat beli ulang
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
LINGKUNGAN EKSTERNAL,,FAKTOR INTERNAL,DAN ORIENTASI PASAR PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN
DINAMIKA STRATEGI PELAYANAN OUTLET DAN KINERJA PEMASARAN
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK TERHADAP KINERJA PENJUALAN
STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang)
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELi DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang)
Last update: 2021-03-04 07:22:02
No citation recorded.
Last update: 2021-03-04 07:22:03
-
Marketing strategy of galangalcoffee in Sumenep
Fatmawati I.. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9 (9), 2018.