STUDI TENTANG KEPERCAYAAN, HUBUNGAN JANGKA PANJANG DAN KINERJA OUTLET (STUDI KASUS OUTLET PERUSAHAAN ROKOK BARITO DI JEPARA)

*ENY WALUYANI  -  Magister Manajemen Universitas Dipenegoro, Indonesia
Published: 30 Sep 2010.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian ini mengajukan model penelitian untuk menganalisis kinerja outlet-outlet Pabrik Rokok
Barito dengan menguji faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, yaitu: kepuasan penyalur
atas layanan tenaga penjual dan reputasi pemasok yang mempengaruhi kepercayaan pada
pemasok kemudian hubungan jangka panjang dengan pemasok kemudian kinerja outlet.
Penelitian ini menggunakan sampel 170 outlet Rokok Madja produksi Pabrik Rokok Barito di
Kabupaten Jepara. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling
(SEM) pada program AMOS 5.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian/fit yang baik
dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kepuasan
penyalur atas layanan tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemasok,
reputasi pemasok berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemasok, kemudian
kepercayaan pada pemasok berpengaruh positif terhadap hubungan jangka panjang dengan
dan hubungan jangka panjang dengan berpengaruh positif kinerja outlet.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi
justifikasi tambahan bagi beberapa anteseden yang mempengaruhi kepercayaan pada pemasok
secara positif, yaitu kepuasan penyalur atas layanan tenaga penjual dan reputasi pemasok.
Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah saran bagi para PR Barito untuk memberi
perhatian lebih pada faktor reputasi pemasok, karena hal ini merupakan faktor yang paling
dominan yang mempengaruhi kepercayaan pada pemasok. Keterbatasan penelitian ini adalah
hasil squared multiple correlation mengindikasikan kurang optimalnya variabel anteseden.
Penelitian mendatang perlu mengembangkan penelitian dengan menambahkan beberapa
variabel anteseden agar squared multiple correlation menunjukkan angka optimal.
Keywords: kepuasan penyalur atas layanan tenaga penjual, reputasi pemasok, kepercayaan pada pemasok, hubungan jangka panjang dengan pemasok, kinerja outlet

Article Metrics:

Last update: 2021-03-02 20:04:29

No citation recorded.

Last update: 2021-03-02 20:04:30

No citation recorded.