ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (S

*Muhammad Rendria Dinawan  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 30 Dec 2010.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor cukup
banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kembali mengenai faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk sepeda motor Mio.
Faktor-faktor yang digunakan adalah Kualitas produk, Harga kompetitif, dan Citra merek yang
dihipotesiskan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Yamaha Mio. Metode analisis
yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas produk, harga kompetitif, citra
merek terhadap keputusan pembelian adalah dengan mengguanakan analisis regresi berganda
dengan bantuan program statistik SPSS for window versi 14 dan uji hipotesis yang berpedoman
pada apabila P value < 0,05 maka kesimpulannya Ha diterima dan apabila P value > 0,05 maka
Ha ditolak.Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y:
0,303 X1 + 0,255 X2 + 0,334 X3 .
Secara simultan variabel kualitas produk (X1), harga kompetitif (X2), citra merek (X3) dapat
mempengaruhi keputusan pembelian karena nilai koefisien uj F hitung sebesar 34,339, sedangkan
secara parsial tidak dapat tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas
produk, harga kompetitif, citra merek. Variabel penjual secara parsial tidak dapat mempengaruhi
keputusan pembelian. Saran penelitian yang diperoleh adalah perlunya pemasar untuk
meningkatkan image Yamaha Mio untuk memberikan kesan bahwa Yamaha Mio bukan motor
murahan, sehingga dapat disimpulkan adanya kesesuaian harga dengan kualitas produk. Di sisi
lain juga diperlukannya saling kerja sama untuk dapat saling menyediakan produk dengan Kualitas
produk yang tinggi, Harga yang kompetitif, dan Citra merek yang baik.
Keywords: Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update: 2021-02-25 21:10:18

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 21:10:19

No citation recorded.