ANALISA KINERJA HULL FORM METODE FORMDATA KAPAL IKAN TRADISIONAL 28 GT KM. SIDO SEJATI

*Berlian Arswendo A  -  Naval Architecture Department, Faculty of Engineering, Diponegoro University, Jl Prof Sudarto, SH, Kampus Tembalang Semarang 50275 Indonesia, Indonesia
Wempi Wempi  -  Naval Architecture Department, Faculty of Engineering, Diponegoro University, Jl Prof Sudarto, SH, Kampus Tembalang Semarang 50275 Indonesia, Indonesia
Received: 8 Feb 2012; Published: 8 Feb 2012.
Open Access

Citation Format:
Abstract

Pada saat ini sebagian besar nelayan di Indonesia masih menggunakan kapal ikan tradisional. Kapal tradisional ini beragam bentuknya. Hal ini dapat kita lihat hampir di tiap-tiap wilayah pesisir pantai Indonesia memiliki bentuk desain kapal yang berbeda. Desain kapal tradisional merupakan hasil pembelajaran dari alam,  sehingga tidak ada perencanaan dan perhitungan desain yang baku sebelum kapal itu dibangun melainkan keterampilan yang didapat secara turun-temurun dari para pendahulunya.

          Karena perhitungan teknis saat pembuatan kapal, maka dalam penelitian ini  kinerja hull form  kapal ikan tradisional dengan metode formdata. Diharapkan tersedianya informasi sehingga bisa menjadi suatu alternatif yang lebih menguntungkan untuk pengembangan hull form kapal ikan di perairan Juwana Pati.

Secara garis besar penelitian ini menunjukkan bahwa hull form kapal metode formdata menghasilkan hambatan total lebih rendah. Pada tinjauan stabilitas hull form kapal metode formdata mempunyai lengan pengembali yang lebih besar. Pada tinjauan olah gerak kelebihan dimiliki kapal tradisional kecuali pada gerakan rolling.

Keywords: Kinerja, hull form, hambatan, stabilitas, olah gerak kapal.

Article Metrics:

Last update: 2021-01-07 02:01:42

No citation recorded.

Last update: 2021-01-07 02:01:45

No citation recorded.