BibTex Citation Data :
@article{Kapal1712, author = {Sarjito Jokosisworo and Eko Widianto}, title = {ANALISA KEKUATAN PONDASI MESIN PADA MT. NSL-IV KARENA PERUBAHAN KAPASITAS MAIN ENGINE DI PT. JASA MARINA INDAH DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {8}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {Pondasi mesin;Displacement;Finite element}, abstract = { Pondasi mesin induk secara efektif harus dapat menjamin keamanan dari struktur lambung kapal untuk menahan berbagai macam variasi gaya yang dapat memberikan beban pada pondasi tersebut. Pemasangan pondasi dibuat sedemikian rupa sehingga kelurusan sumbu poros mesin dengan poros baling-baling tetap terjamin. Kekakuan pondasi mesin dan konstruksi dasar ganda di bawahnya harus mencukupi persyaratan. Dengan mengetahui besar tegangan dan deformasi yang terjadi dapat diketahui letak komponen paling kritis terhadap pembebanan. Dalam hal ini studi analisa struktur dilakukan pada pondasi mesin induk dimaksudkan agar deformasi konstruksi masih dalam batas-batas yang diizinkan. Dalam metode Finite Element struktur yang dianalisa dibagi-bagi dalam element-element yang lebih kecil dan sederhana (mesh) dalam jumlah yang berhingga dengan pemberian nilai kondisi batas struktur yang disimulasikan. Dengan simulasi pada metode elemen hingga dapat diketahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur berdasarkan pembebanan.Dari h asil analisa didapatkan hasil tegangan von mises sebesar 309.514 Pa dan displacement pada struktur pondasi mesin sebesar 0,00119936 mm. }, issn = {2301-9069}, pages = {79--81} doi = {10.14710/kpl.v8i2.1712}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/1712} }
Refworks Citation Data :
Pondasi mesin induk secara efektif harus dapat menjamin keamanan dari struktur lambung kapal untuk menahan berbagai macam variasi gaya yang dapat memberikan beban pada pondasi tersebut. Pemasangan pondasi dibuat sedemikian rupa sehingga kelurusan sumbu poros mesin dengan poros baling-baling tetap terjamin. Kekakuan pondasi mesin dan konstruksi dasar ganda di bawahnya harus mencukupi persyaratan. Dengan mengetahui besar tegangan dan deformasi yang terjadi dapat diketahui letak komponen paling kritis terhadap pembebanan. Dalam hal ini studi analisa struktur dilakukan pada pondasi mesin induk dimaksudkan agar deformasi konstruksi masih dalam batas-batas yang diizinkan. Dalam metode Finite Element struktur yang dianalisa dibagi-bagi dalam element-element yang lebih kecil dan sederhana (mesh) dalam jumlah yang berhingga dengan pemberian nilai kondisi batas struktur yang disimulasikan. Dengan simulasi pada metode elemen hingga dapat diketahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur berdasarkan pembebanan.Dari hasil analisa didapatkan hasil tegangan von mises sebesar 309.514 Pa dan displacement pada struktur pondasi mesin sebesar 0,00119936 mm.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2021-01-07 12:18:20
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.