skip to main content

Studi Karakteristik Resonansi Gerak Rolling Akibat Perbedaan Karakteristik Lengan Stabilitas

*Daeng Paroka scopus  -  Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
R Rosmani  -  Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
Syamsul Asri  -  Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
H Hamzah  -  Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2019 Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan

Citation Format:
Abstract

Beberapa type kapal tidak dapat memenuhi kriteria stabilitas karena perbedaan karakteristik geometri seperti kapal feri ro-ro Indonesia yang memiliki lambung timbul dan sarat yang kecil dibandingkan dengan lebar kapal. Oleh karena itu, kriteria stabilitas khusus untuk kapal dengan karakteristik geometri yang tidak terakomodir pada kriteria IMO penting untuk dikembangkan. Paper ini membahas tentang pengaruh karakteristik lengan stabilitas terhadap respon gerak roll pada gelombang samping. Hal ini merupakan langkah awal dalam pengembangan kriteria stabilitas yang berbasis karakteristik lengan stabilitas. Respon gerak berupa amplitudo resonansi sebagai fungsi frekuensi eksitasi dihitung dengan menyelesaikan persamaan gerak roll menggunakan metode multiple scale.Karakteristik lengan stabilitas divariasikan dengan tinggi metacentra serta sudut kemiringan dengan lengan stabilitas sama dengan nol tetap sama untuk semua variasi.Hasil perhitungan menunjukkan bahwa frekuensi resonansi menjadi lebih kecil dari frekuensi natural roll untuk koefisien kekakuan lebih kecil dari nol dan lebih besar dari frekuensi natural apabila koefisien tersebut lebih besar dari nol.Gerak roll tidak stabil mulai terjadi ketika amplitudo roll lebih besar dari sudut kemiringan dengan lengan stabilitas maksimum ketika rasio tinggi dan panjang gelombang sama dengan atau lebih besar dari 0.04.Untuk karakteristik lengan stabilitas kapal pada muatan penuh, ketidakstabilan gerak roll mulai terjadi pada rasio tinggi dan panjang gelombang sama dengan 0.06.

Fulltext View|Download
Keywords: Stabilitas; Gerak Roll; Lengan Stabilitas; Kriteria Stabilitas

Article Metrics:

  1. International Matirime Organization, International Code on Intact Stability Resolution MSC 267 (85), London: IMO, 2008
  2. D. Paroka, “Karakteristik Geometri dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Kapal Feri Ro-Ro Indonesia,” KAPAL, vol. 15, pp. 1 – 8, 2018
  3. Spyrou, K.J., “A Basis for Developing a Rational Alternative to the Weather Criterion: Problem and Capabilities,” in Contemporary Ideas on Ship Stability and Capsizing in Waves, London: Springer, Lpp. 25 – 46, 2011
  4. Odabasi, A.Y., “A Note on the Conceptual Understanding of the Stability Theory of Ships,” in Contemporary Ideas on Ship Stability, Oxford: Elsevier Science Ltd., UK, pp. 27 – 46, 2000
  5. A.F. El-Bassiouny, “Nonlinear Rolling of a Biased Ship in a Regular Beam Wave under External and Parametric Excitations,” A Journal of Physical Science, vol. 62, pp. 573 – 586, 2007
  6. International Maritime Organization., “Interim Guidelines for Alternative Assessment of Weather Criterion: Document MSC.1/Circ.1200”, London: IMO, 2006
  7. Francescutto, A., and Contento, G., “The Mathematical Modelling of Large Amplitude Rolling in Beam Waves”, in Contemporary Ideas on Ship Stability, Oxford: Elsevier Science Ltd., 2000, pp. 125 – 135
  8. Francescutto, A., “Intact Stability Criteria of Ships – Past, Present and Future”, Proceedings of the 12th International Conference on the Stability of Ships and Ocean Vehicles. Glasgow, UK. 14 – 19 June 2011, pp. 1199 – 1209
  9. Odabasi, A.Y., E. Ucer, “ Effect of Initial Bias on the Roll Response and Stability of Ships in Beam Seas,” in Contemporary Ideas on Ship Stability and Capsizing in Waves, London: Springer, Lpp. 119 – 140, 2011
  10. A.H. Nayfeh, D.T. Mook, “Nonlinear Oscillation,” Weinheim: WILEY-VCH Verlag GmbH & Co., Deutsche, Germany, 2004
  11. G. Bulian, A. Francescutto, F. Fucile, “An Experimental Investigation in the Framework of the Alternative Assessment for the IMO Weather Criterion,” Proceedings of the HYDRALAB III Joint User Meeting, Hannover, February 2010
  12. W. Wawrzynski, P. Krata, “Method for Ship’s Rolling Period Prediction with Regard to Non-linearity of GZ Curve,” Journal of Theoretical and Applied Mechanis, vol. 54, pp. 1329 – 1343, 2016
  13. S. Li, K. Wang., “Chaos Analysis of Ship Rolling Motion in Stochastic Beam Seas,” Journal of Vibroengineering, vol. 19, pp. 6403 – 6412, 2017
  14. Z.J. Long, S.K. Lee, H.S. Choi, “Risk Evaluation of Ship Dynamic Stability in Regular Waves,” Jounrla of Marine Science and Technology, vol. 18, pp. 530 – 536, 2010

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-25 02:23:06

No citation recorded.