Analisis Pengaruh Variasi Lebar Kompartemen Samping terhadap Damage Stability pada Kapal Small Open Deck Ro-Ro Passenger

*Parlindungan Manik -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Arnan Abdurrofi -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
K. Kiryanto -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 14 Oct 2019; Revised: 24 Oct 2019; Accepted: 28 Oct 2019; Published: 31 Oct 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 50 12
Abstract
Angkutan penumpang di perairan Indonesia masih didominasi oleh kapal Ro-Ro berukuran (GT) kecil dengan ciri memiliki geladak kendaraan terbuka dan tidak kedap air atau dikenal dengan kapal small open deck ro-ro passanger (sodropax). Selain itu, keberadaan freeboard yang rendah turut memperburuk karakteristik stabilitasnya, sehingga masih banyak kapal sodropax yang belum memenuhi kriteria intact dan damage stability. Disamping itu tingkat kecelakaan kapal terus meningkat setiap tahunnya dan menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Memvariasikan kompartemen samping dikenal mampu meningkatkan karakteristik damage stability pada kapal penumpang, namun belum ada penelitian terbaru mengenai aplikasinya pada kapal tipe sodropax. Penelitian ini pun dilakukan untuk melihat pengaruh perubahan rasio lebar kompartemen samping terhadap nilai damage stability sehingga mampu memenuhi kriteria SOLAS. Perhitungan equilibrium menggunakan metode lost buoyancy dengan pendekatan kebocoran probabilistik yaitu menganalisis semua kemungkinan kebocoran pada kapal serta kemungkinannya untuk bertahan pada kebocoran tersebut. Variasi kompartemen samping diterapkan pada 3 kapal Ro-ro penumpang berukuran 500, 600, dan 750 GT. Hasilnya, kapal dengan kompartemen samping pada rasio lebar B/5 mampu meningkatkan karakteristik damage stability sebesar 7% terhadap desain awal dan 14,2% terhadap desain kapal tanpa kompartemen samping, namun terdapat satu kapal yang masih belum memenuhi kriteria SOLAS Chapter II-1 Part B tentang Subdivision and Stability.

Article Metrics:

  1. Kemehub, Statistik Perhubungan Jilid 1. Jakarta: Sekretariat Jenderal - Pustikomhub, 2016.
  2. S. Anggoro, “Analysis of the Intact Stability of Indonesian Small Open-deck Roll-on / Roll-off Passenger Ferries,” Master Thesis, The University of New South Wales, 2008.
  3. Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Capaian Kinerja Investigasi Keselamatan Tahun 2017. Jakarta: Departemen Perhubungan, 2017.
  4. M. Zaky, “Improvisasi Desain untuk Meningkatkan Karakteristik Damage Stability Kapal Penumpang Feri Ro-Ro,” J. Tek. BKI, pp. 27–35, 2017.
  5. M. Zaky, “Analisa Keselamatan Kapal Feri Ro-Ro Ditinjau Dari Damage Stability,” ITS - Master Theses, 2012.
  6. Hasanudin, I. K. A. P. Utama, and J.-H. Chen, “Application Side Casing on Open Deck RoRo to Improve Ship Stability,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 135, no. 1, pp. 1–8, 2018.
  7. V. Slapničar and I. Grubišić, “Relation Between Subdivision and Safety Ro-Ro Ships,” Univ. Zagreb. Fac. Mech. Eng. Nav. Archit., 2000.
  8. R. Tagg, “Comparison of survivability between SOLAS 90 / 95 and SOLAS 2009 ships - A retrospective view 10 years on from project HARDER,” in Proceedings of the 14th International Ship Stability Workshop Comparison, 2014, pp. 1–6.
  9. PT. ASDP Indonesia Ferry, “Kapal.” [Online]. Available: https://www.indonesiaferry.co.id/kapal.
  10. Soumya Chakraborty, “Ship Stability: Damaged Stability of Ships,” 2017. [Online]. Available: https://www.marineinsight.com/naval-architecture/ship-stability-damaged-stability-ships/. [Accessed: 18-Sep-2018].
  11. E. C. Tupper, Introduction to Naval Architecture 4th Edition, 4th ed. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann, 2004.
  12. K. Wendel, “Subdivision of Ships,” in Proceedings of the 1968 Diamond Jubilee Int. Meeting – 75th Anniversary SNAME, 1968, pp. 1–27.
  13. A. Papanikolaou, Ship Design: Methodologies of Preliminary Design. Athena: Springer, 2014.
  14. E. Boulougouris, “Introduction to Regulatory Framework for Damage Stability,” TrainMoS II, 2015. [Online]. Available: https://www.onthemosway.eu/wp-content/uploads/2015/06/Intro-to-stability-regulations.pdf. [Accessed: 18-Sep-2018].
  15. E. S. Ravn, “Probabilistic Damage Stability of Ro-Ro Ships,” Technical University of Denmark, 2003.
  16. International Martime Organizaion, SOLAS Consolidated Edition 2014, 6th ed. London: International Maritime Organization, 2004.
  17. O. M. Djupvik, “Probabilistic Damage Stability: Maximizing the Attained Index by Analyzing the Effects of Changes in the Arrangement for Offshore Vessels,” Master Thesis, Norwegian University of Science and Technology, 2005.