KAJIAN EKSPERIMENTAL DISAIN KAPAL SEP-HULL SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI DI PERAIRAN PANTAI DAN SUNGAI

*Andi Jamaluddin -  UPT BalaiPengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, BPPT, Indonesia
Buana Ma’ruf -  UPT BalaiPengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, BPPT, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 421 559
Abstract

Makalah ini membahas pengujian hambatan model kapal Surface Effect Planning Hull (SEP-Hull). Model uji menggunakan sistem pelumasan udara di bawah permukaan lambung kapal untuk mengetahui pengaruh sistem pelumasan terhadap gaya hambatan kapal. Model ini terbuat dari bahan fiberglass dan diuji pada kecepatan, Fn 0.1-1.45, di towing tank- UPT Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika BPPT, Surabaya. Gaya hambatan model kapal diukur dengan alat ukur ‘load cell transducer’. Hasil pengujian model dipresentasikan dalam bentuk grafik dan tabel. Dari hasil uji diperoleh bahwa hambatan total kapal berkurang hingga 30 persen dengan mengaplikasikan sistim pelumasan udara di bawah permukaan lambung kapal. Hasil ini memberikan harapan yang menjanjikan dalam dunia perkapalan.

Keywords
Kapal; Surface Effect Planning Hull; hambatan; eksperimen

Article Metrics: