ANALISA PERFORMA HULLFORM PADA PRA PERANCANGAN SPEED BOAT KATAMARAN UNTUK SEARCH AND RESCUE ( SAR ) DI PANTAI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA BERBASIS CFD

Kapal jenis speed boat merupakan kapal yang sering digunakan sebagai kapal penyelamat sehingga perlu pengembangan untuk mengetahui lebih dalam interaksi tahanan pada lambung kapal agar tercapainya kapal dengan stabilitas serta tahanan yang lebih baik. Kapal Motor Safinatul ‘Is ‘Aaf merupakan salah satu model kapal speed boat katamaran (lambung ganda) yang dirancang untuk menunjang pariwisata di wilayah Pantai Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih detail interaksi tahanan total pada lambung kapal K.M Safinatul ‘Is ‘Aaf dengan pendekatan Computational Fluid Dynamic.
Dalam melaksanakan penelitian dilakukan beberapa tahapan yaitu pembuatan model pada Computational Fluid Dynamic, input data simulasi, running simulasi hingga konvergen, kemudian analisa hasil dengan metode Slender Body, CFD serta metode Insel and Molland. Analisa hasil meliputi analisa hambatan, dan analisa fluida pada simulasi Computational Fluid Dynamic.
Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan didapatkan hasil analisa yang menunjukkan bahwa hambatan total kapal (Rt) pada saat kecepatan kapal 29 knots Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan penulis dengan 3 dengan menggunakan metode CFD sebesar 10,85 kN, metode Slender Body sebesar 9.63 kN dan perhitungan secara analitik dengan metode Insel and Molland sebesar 12.05 kN. Sedangkan dari hasil simulasi dengan menggunakan analisa CFD, dapat diketahui bahwa pada saat kapal berjalan dengan kecepatan tinggi maka ketinggian aliran fluida atau gelombang air yang ditimbulkan akan lebih besar dari kapal yang berjalan dengan kecepatan rendah
Article Metrics:
Perjanjian Pengalihan Hak Cipta (Copyright)
Hak cipta meliputi hak eksklusif untuk memproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Penulis masih mempunyai hak untuk hal-hal berikut :
- Menggandakan seluruh atau sebagian materi yang dipublikasikan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai bahan pengajaran di kelas atau bahan presentasi lisan dalam berbagai forum;
- Menggunakan kembali sebagian atau keseluruhan materi sebagai bahan kompilasi bagi karya tulis penulis selanjutnya;
- Membuat salinan dari bahan yang dipublikasikan untuk didistribusikan di lingkungan institusi tempat penulis bekerja.
Dr. Eng. Deddy Chrismianto, ST, MT
Editorial Office Journal, Department of Naval Architecture , Faculty of Engineering, Diponegoro University
Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275
Telp.: +62-24-76480784, Fax.: +62-24-76480784
E-mail: jurnal.kapal.undip.@gmail.com