skip to main content

PERANCANGAN KAPAL WISATA KATAMARAN DENGAN SISTEM PENGGERAK MESIN DAN LAYAR DI DAERAH WISATA BAHARI BARELANG (BATAM, REMPANG, GALANG)

*Eko Sasmito Hadi  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Ari Wibawa B.S  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia
Andhi Kusuma  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UNDIP, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Potensi wisata yang dimiliki kawasan Barelang sangat besar, sehingga dibutuhkan sebuah sarana penunjang berupa kapal wisata yang lebih baik dari kapal kayu.

Dengan adanya penelitian, tentang perancangan kapal wisata dengan bentuk lambung katamaran yang menggunakan sistem penggerak layar ini diharapkan dapat membantu pengembangan potensi wisata di Barelang.

Dalam  melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan yaitu perhitungan ukuran utama, membuat rencana garis, Perancangan layar,rencana umum, analisa hidrostatik, analisa stabilitas dan analisis olah gerak kapal. Serta pemilihan perlengkapan kapal dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor dan analisa hambatan yang dialami kapal.

Hasil perancangan kapal wisata ini berupa analisa hidrostatik, perencanaan dan analisa layar, gambar rencana umum, analisa stabilitas serta olah gerak kapal. Hasil analisa hidrostatik, letak titik bouyancy terletak dibelakang midship kapal sejauh 0,596 m. Hasil perencanaan dan analisa layar dengan sudut datang angin yang digunakan adalah 350, 450, 500, 600, 750 ,800,900,1000,1800. luasan layar (sail area) sebesar 60,9958 m² yang terdiri dari luasan mainsail sebesar 40,9958 m² dan foresail sebesar 20,00 m², dan tiang layar berada 4 m dari titik terluar haluan kapal. Hasil rencana umum, menunjukkan bahwa kapal wisata ini mampu membawa penumpang dengan kapasitas maksimum 17 orang. Pada tinjauan stabilitas, menunjukkan nilai GZ terbesar 2,84 m pada kondisi sepuluh yaitu saat membawa penumpang di samping kiri kapal dengan berat consumable 100%. Kapal wisata ini mempunyai olah gerak yang baik pada kondisi perairan Slight Water, Moderate Water, dan Rought Water dengan variasi wave heading 0°,90°,135°,180° dengan  dan tidak terjadi deck wetness
Fulltext
Keywords: kapal wisata; katamaran; layar; analisa hidrostatik; analisa stabilitas; analisa olah gerak kapal

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.