skip to main content

PEMBUATAN ALAT MONITORINGMESIN PENUKAR PANAS (HEAT EXCHANGER)UNTUK MENGANALISIS UNJUK KERJA DAN KARAKTERISTIKNYA

*Heroe Poernomo  -  Teknik Permesinan Kapal, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Heat Exchanger test adalah alat yang digunakan untuk mengetahui karakteristik dan performa dari suatu mesin penukar panas dengan jalanmengatur beban kerjanya. Data yang dikeluarkan dari Heat Exchanger test ini berupa beberapa temperatur yang dipasang pada komponen peralatan mesin penukar kalor yang nantinya akan digunakan dalam perhitungan untuk menentukan prestasi kerja dan mendapatkan karakteristik dari mesin penukar panas tersebut. Permasalahan yang ada adalah dalam pengambilan data dan pengolahan data selama ini dilakukan secara manual yang akan berpengaruh pada ketepatan hasil perhitungan dan analisis unjuk kerja dari sistem penukar panas tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka pada penelitian ini dibuat suatu sistem monitoring pembacaan data dan pengolahan data dengan bantuan komputer dengan jalan pembuatan alat interface, sehingga data dari mesin penukar kalor yang berupa data analog dapat dirubah menjadi data digital. Data yang telah berbentuk digital baru dapat dilakukan proses perhitungan dan analisa dengan bantuan software tertentu dalam komputer.

Dari hasil percobaan didapatkan hasil pengukuran dengan alat monitoring ini cukup akurat mendekati sama dengan alat indikator mesin dengan selisih sekitar 0.30C. Dari hasil perhitungan dan analisis data didapatkan beberapa karakteristik dari mesin penukar kalor yang diukur, antara lain semakin besar beban pada mesin penukar kalor dan laju aliran air pendingin tetap maka panas yang dibebaskan akan semakin naik pula, sehingga menyebabkan nilai efisiensi mesin akan semakin turun. Sedangkan saat variasi laju aliran air pendingin dan laju aliran oli yang didinginkan konstan, panas yang dibebaskan dan efisiensi semakin naik, sedangkan LMTD semakin turun
Fulltext View|Download
Keywords: Heat plates exchanger test, interface ,efisiensi mesin,Karakteristik,sistem monitoring,data digital

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.