BibTex Citation Data :
@article{Kapal7267, author = {Imam Pujo Mulyatno and Andi Trimulyono and Samuel Febriary Khristyson}, title = {ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI INTERNAL RAMP SISTEM STEEL WIRE ROPE PADA KM. DHARMA KENCANA VIII DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {11}, number = {2}, year = {2014}, keywords = {internal ramp; metode elemen hingga; analisa kekuatan}, abstract = {KM. DHARMA KENCANA VIII adalah kapal tipe Ro - Ro (Passanger Ship ) yang memiliki rute pelayaran Merak - Bakauheni yang mampu mengangkut penumpang dan kendaraan dalam jumlah yang relatif banyak. Penelitian tentang kekuatan konstruksi internal ramp perlu diperhatikan dan dilakukan dimana tegangan yang diakibatkan oleh beban yang mengenainya tidak boleh melebihi batas maksimum σ ijin bahan berdasarkan rules dari klas, adapun acuan rules yang dipakai dalam penelitian ini adalah berdasarkan rules Biro Klasifikasi Indonesia. Analisa dan permodelan dalam penelitian kekuatan konstruksi internal ramp dilakukan dengan menggunakan program analisa kekuatan berbasis Metode Elemen Hingga . Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar pada konstruksi internal ramp berdasarkan empat variasi pembebanan.Hasil analisa menggunakan program berbasis Metode Elemen Hingga didapatkan hasil stress terbesar internal ramp terjadi dengan beban kendaraan mobil box pada kondisi loadstep midle yaitu sebesar 55,40 N/mm 2 ,dimana daerah paling kritis terjadi pada node 2949 yang terletak pada penegar profil L paling kiri bagian memanjang dan penegar profil T nomor 5 bagian melintang. Tegangan ini masih dalam kondisi aman ,karena setelah dibandingan dengan σ ijin sebesar 400 N/mm 2 berdasarkan rules BKI menghasilkan nilai safety factor sebesar 7,22}, issn = {2301-9069}, pages = {85--92} doi = {10.14710/kpl.v11i2.7267}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/7267} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-14 13:30:24
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.