BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU43012, author = {Dewi Saraswati Sakariah}, title = {Metode Pemetaan Pikiran Dalam Pembelajaran Sejarah Jepang: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang}, journal = {KIRYOKU}, volume = {5}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {History; Mind Mapping; Tony Buzan}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran mata kuliah Sejarah Jepang dengan menggunakan metode belajar pemetaaan pikiran ( mind mapping ) milik Tony Buzan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang subjeknya dari adalah mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang semester 3 (kelas A dan B) dengan objek penelitian adalah kemampuan memahami mahasiswa terhadap materi Sejarah Jepang era primitif (Jomon-Yayoi-Kofun) dan era kerajaan akhir (Heian) yang menggunakan beberapa rujukan buku dengan metode pengujian dari hasil penerapan pemetaan pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pemetaan pikiran/Mind Mapping dapat membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar dan memberikan hasil yang optimal dalam nilai akademisnya. }, issn = {2581-0960}, pages = {286--292} doi = {10.14710/kiryoku.v5i2.286-292}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/43012} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran mata kuliah Sejarah Jepang dengan menggunakan metode belajar pemetaaan pikiran (mind mapping) milik Tony Buzan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang subjeknya dari adalah mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang semester 3 (kelas A dan B) dengan objek penelitian adalah kemampuan memahami mahasiswa terhadap materi Sejarah Jepang era primitif (Jomon-Yayoi-Kofun) dan era kerajaan akhir (Heian) yang menggunakan beberapa rujukan buku dengan metode pengujian dari hasil penerapan pemetaan pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pemetaan pikiran/Mind Mapping dapat membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar dan memberikan hasil yang optimal dalam nilai akademisnya.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-16 05:11:50
Copyright Notice
Starting from 2017, the author(s) whose article is published in the Kiryoku journal attain the copyright for their article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. By submitting the manuscript to Kiryoku, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. Kiryoku will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. Kiryoku will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Kiryoku allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Kiryoku to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.