skip to main content

Metode Pemetaan Pikiran Dalam Pembelajaran Sejarah Jepang: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang

*Dewi Saraswati Sakariah  -  Japanese Language and Culture Departement, Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2021 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran mata kuliah Sejarah Jepang dengan menggunakan metode belajar pemetaaan pikiran (mind mapping) milik Tony Buzan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang subjeknya dari adalah mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang semester 3 (kelas A dan B) dengan objek penelitian adalah kemampuan memahami mahasiswa terhadap materi Sejarah Jepang  era primitif (Jomon-Yayoi-Kofun)  dan era kerajaan akhir (Heian) yang menggunakan beberapa rujukan buku dengan metode pengujian dari hasil penerapan pemetaan pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pemetaan pikiran/Mind Mapping dapat membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar dan memberikan hasil yang optimal dalam nilai akademisnya.

Fulltext View|Download
Keywords: History; Mind Mapping; Tony Buzan

Article Metrics:

  1. Akoojee and Nkomo. (2007). Teams_windows_x64 (Desktop)
  2. Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Vol. Edisi Revi (p. 260). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ&pg=PA1&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
  3. Astawa, D. N. W. (2019). Influence of mind mapping method implementation on learning results social science is required from students interest. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(3), 94–100. https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n3.637
  4. Buzan, T. (2004). Mind Maps at Work: How to be the best at your job and still have time to play (p. 141)
  5. Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Map (Terjemahan) (S. Purwoko (ed.); 6th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama
  6. Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery (p. 224). Watkins Publishing
  7. Diandra, Nabila Iga. (2021). Mind mapping Monarki Jepang di abad pertengahan. Kertas Kerja Mata Kuliah
  8. Google. (n.d.). Google artsandculture. Retrieved September 3, 2021, from https://artsandculture.google.com/
  9. Henshall, K. G. (1999). A History of Japan from Stone Age to Superpower. St. Martin’s Press
  10. Irfani, Hilmy Muhammad. (2021). Mind mapping Monarki Jepang di abad pertengahan. Kertas Kerja Mata Kuliah
  11. JDIH, B. R. (2005, December 30). UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
  12. Karina, Adella Marshanda. (2021). Mind mapping Zaman Prasejarah Jepang. Kertas Kerja Mata Kuliah
  13. Nachita, Fisca Aura Senandung. (2021). Mind mapping Zaman Prasejarah Jepang. Kertas Kerja Mata Kuliah
  14. Nikhilkumar D. Parikh. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind mapping Technique. International Journal of Indian Psychology, 3(3). https://doi.org/10.25215/0303.054
  15. Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran (A. Navitri (ed.)). Edu Pustaka
  16. Saiman, M. (2011). Inovasi Metode Pembelajaran Sejarah - Neliti. Lentera: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya Dan Sosial, 2(4), 73–85. https://www.neliti.com/id/publications/22963/inovasi-metode-pembelajaran-sejarah
  17. Sudiarditha, K. R. (2011). Guidance of Classroom Action Research in Professional Development (Suryoto (ed.)). PT Bumi Timur Jaya

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-16 05:11:50

No citation recorded.