BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU43012, author = {Dewi Saraswati Sakariah}, title = {Metode Pemetaan Pikiran Dalam Pembelajaran Sejarah Jepang: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang}, journal = {KIRYOKU}, volume = {5}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {History; Mind Mapping; Tony Buzan}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran mata kuliah Sejarah Jepang dengan menggunakan metode belajar pemetaaan pikiran ( mind mapping ) milik Tony Buzan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang subjeknya dari adalah mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang semester 3 (kelas A dan B) dengan objek penelitian adalah kemampuan memahami mahasiswa terhadap materi Sejarah Jepang era primitif (Jomon-Yayoi-Kofun) dan era kerajaan akhir (Heian) yang menggunakan beberapa rujukan buku dengan metode pengujian dari hasil penerapan pemetaan pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pemetaan pikiran/Mind Mapping dapat membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar dan memberikan hasil yang optimal dalam nilai akademisnya. }, issn = {2581-0960}, pages = {286--292} doi = {10.14710/kiryoku.v5i2.286-292}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/43012} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa selama pembelajaran mata kuliah Sejarah Jepang dengan menggunakan metode belajar pemetaaan pikiran (mind mapping) milik Tony Buzan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang subjeknya dari adalah mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang semester 3 (kelas A dan B) dengan objek penelitian adalah kemampuan memahami mahasiswa terhadap materi Sejarah Jepang era primitif (Jomon-Yayoi-Kofun) dan era kerajaan akhir (Heian) yang menggunakan beberapa rujukan buku dengan metode pengujian dari hasil penerapan pemetaan pikiran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran pemetaan pikiran/Mind Mapping dapat membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam proses belajar dan memberikan hasil yang optimal dalam nilai akademisnya.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2023-12-09 15:36:58
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.