skip to main content

Pengembangan Materi Intermediate English Berbasis Pariwisata Untuk Program Studi Bahasa Asing Terapan Konsentrasi Bahasa Jepang

*Lenggahing Asri Dwi Eko Saputri scopus  -  Applied Foreign Language, Diponegoro University, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Abstract

Pada tahun 2019, Sekolah Vokasi Undip membuka beberapa program studi baru, salah satunya adalah program studi D4 Bahasa Asing Terapan. Program studi ini memiliki 2 konsentrasi yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Pada semester ketiga, mahasiswa diarahkan untuk mengambil salah satu konsentrasi berdasarkan minat dan bakat mereka. Namun, tidak serta merta mereka hanya mempelajari bahasa yang ada di konsentrasi tersebut. Misalnya, mahasiswa yang memilih untuk mengambil konsentrasi Bahasa Jepang, mereka juga masih mempelajari Bahasa Inggris dalam beberapa sks yang sudah ditentukan oleh program studi. Untuk mahasiswa semester 4 konsentrasi Bahasa Jepang, mereka juga diharuskan mengambil mata kuliah Intermediate English. Mata kuliah ini sendiri nantinya akan berbasis pariwisata sesuai dengan visi program studi D4 Bahasa Asing Terapan yakni mencetak sarjana terapan yang memiliki kompetensi unggul dalam bidang Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang untuk berbagai keahlian di bidang hospitality, pariwisata, penerjemahan dan komunikasi bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran Intermediate English berbasis pariwisata untuk prodi D4 Bahasa Asing Terapan Konsenrasi Bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development sedangkan model yang peneliti gunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis-Desain-Develop-Implement-Evaluate). Hasil dari penelitian ini adalah materi pembelajaran mata kuliah Intermediate English berbasis pariwisata untuk program studi D4 Bahasa Asing Terapan Konsentrasi Bahasa Jepang yang meliputi tema Hotel Staff, Planning and Booking Holiday, International Tourism (UK) and International Tourism (Europe)yang pembahasannya dikemas dalam empat aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris terintegrasi yang terdiri dari listening activity, speaking activity, reading activity dan writing activity.

Fulltext View|Download
Keywords: Intermediate English; tourism; Japanese major

Article Metrics:

  1. Alfarisy, F. (2019). Pengembangan Materi English Speaking for Librarian untuk Program Studi Perpustakaan dan Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(3), 233-239
  2. Alwasilah, A. C. (2008). Filsafat Bahasa dan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  3. Brown, H.D. (2001). Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Education
  4. Dubicka, I., & O'Keeffe, M. (2003). English for international tourism: pre-intermediate students' book. Longman
  5. Harding, K. (2006). Oxford English for Careers: Tourism 1. A Course for Pre-work Students who are Studying for a Career in the Tourism Industry. oxford university press
  6. Jones, L. (2005). Welcome Teacher's Book: English for the Travel and Tourism Industry. Cambridge University Press
  7. Kusuma, S. (2018). Pengembangan Media English Vocabulary Card pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD/MI (Doctoral dissertation , UIN Raden Intan Lampung)
  8. Morris, C. E. (2012). Flash on English for tourism. ELI
  9. Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. diakses November 2019
  10. Richards, Jack C. (2015). Key issues in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press
  11. Rose Wright, How To Teach Integrated English Skills(1 juni 2014) Http://Www.Ehow.Com/How_8702899_Teach-Integrated-English-Skills.Html
  12. Saputri, L. A. D. E. (2020). Pengembangan Materi Basic English Berbasis Pariwisata Untuk Program Studi Bahasa Asing Terapan Konsentrasi Bahasa Jepang. KIRYOKU, 4(2), 137-141
  13. Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1)
  14. Supriyono, K., & Sugirin, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran membaca bahasa inggris smp berbasis web. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 49-64
  15. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.