skip to main content

Analisis Penggunaan Google Terjemahan sebagai Alat CALL Translingual terhadap Hasil Penulisan Bahasa Jepang Mahasiswa

*Ayu putri seruni  -  universitas muhammadiyah prof.dr,hamka, Indonesia
Rita Agustina Karnawati  -  universitas muhammadiyah prof.dr,hamka, Indonesia
Nisalsa Alifiarti  -  universitas muhammadiyah prof.dr,hamka, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Mempelajari bahasa asing diharapkan dapat menguasai empat aspek berbahasa asing yaitu kemampuan menulis, membaca, mendengar dan berbicara. Penguasaan kemampuan menulis merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa Jepang, terutama bagi pembelajar tingkat menengah. Pada kenyataanya, masih banyak pembelajar bahasa Jepang yang merasa kesulitan dalam membuat wacana dalam bahasa Jepang. Hal ini disebabkan karena struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa pertama serta penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat yang mengakibatkan kurang maksimalnya kemampuan menulis pembelajar bahasa Jepang. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi pembelajar dengan media Google translate CALL Trans Lingual Japanese As Foreign Language. Penggunaan CALL banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa asing dikarenakan banyak fitur -fitur yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Permasalahan yang ingin diteliti pada penelitian ini terkait kemampuan menulis pembelajar bahasa Jepang di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan statistik inferensial sebagai data kuantitatif dan naratif deskriptif sebagai data kualitatif. kesimpulan  dari perhitungan uji T menggunakan SPSS 25 dengan Paired Sample test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,018 <0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka H₁ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atau perbedaan yang signifikan pada penggunaan google terjemahan sebaga alat CALL transligual terhadap kemampuan menulis mahasiswa Pada penilaian penerjemahan komputasi, google translate memiliki akurasi yang baik dalam menterjemahkan bahasa Jepang, pada  hasil penerjemahan dari revisi mahasiswa, konteks kalimat lebih mudah dipahami bagi pembelajar bahasa Jepang serta menyesuaikan kosakata yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: Penerjemahan, Bahasa Jepang, Google Translate

Article Metrics:

  1. Alhaisoni, E., & Alhaysony, M. (2017). An investigation of Saudi EFL university students’ attitudes towards the use of Google Translate. International Journal of English Language Education, 5(1), 72–82. doi: 10.5296/ijele.v5i1.10696
  2. Alobaid, A. (2020). Smart multimedia learning of ICT: role and impact on language learners’ writing fluency— YouTube online English learning resources as an example. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00134-7
  3. Assjari, Musjafak, 2019. (n.d.). Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autistic Spectrum Disorder. 225–243
  4. Bahri, H., & Mahadi, T. (2016). Google Translate as a supplementary tool for learning Malay: A case study at University Sains Malaysia. Advances in Language and Literary Studies, 7(3), 161– 167. 10.7575/aiac.alls.v.7n.3p.161
  5. Ducar, Cynthia. (2018) Machine translation and the L2 classroom: Pedagogicall solutions for making peace with google translate. Jurnal American council on the teaching of foreign languge. DOI: 10.1111/flan.12366
  6. Geluso, J. (2013). Phraseology and frequency of occurrence on the web: Native speakers’ perceptions of Google-informed second language writing. Computer Assisted Language Learning, 26(2), 144–157. doi: 10.1080/09588221.2011.639786
  7. Han, S., & Shin, J.-A. (2017). Teaching Google search techniques in an L2 academic writing context. Language Learning & Technology, 21(3), 172–194. Retrieved from https://www.lltjournal.org/item/3015
  8. Hermawan, D. A., & Amri, M. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning “Teman Jepang” Melalui Penggunaan Aplikasi Hello Talk Untuk Pembelajaran Menulis Bahasa Jepang. Jpbj, 8(2), 100–111
  9. Kuhuwael, W. C. (n.d.). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENULIS
  10. HURUF PENDAHULUAN Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusiakarena bahasa merupakan alat komunikasi setiap harinya . Dengan bahasa , seseorang dapat mengkomunikasikan ide , pikiran , perasaan s. 1295–1304
  11. Muslim, A. R., & Kochimaheni, A. A. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI “HIRAGANA BENTOU” BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (あーん) PADA SISWA KELAS X IPS 5 SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PUSDIK SABHARA PORONG TAHUN AJARAN
  12. /2018 Azizah Ramadhani Muslim. Hikari, 6(1 (201)), 5–10
  13. Nakamura, T. (2016). A comparative analysis of Japanese language learners' motivation in Australia and Korea. Innovation in Language Learning and Teaching, 12(4), 316e329
  14. Nasryllah, A., Ende, & Suryadi. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Aplikasi Alephbet Katakana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Katakana. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 1(3), 1–4
  15. Sabir, Iram Shedzadi, dkk. 2021. Using Computer Assisted Language Learning for Improving Learner’s Socio Linguistic Competence. Jurnal PalArch’s Jpournal of Archaeology of Egypt/ Egyptology. 18 (8)
  16. Santika, Y., & Retnani, M. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Monopoli Katakana ’Monokata’Terhadap Kemampuan Menulis Kosakata Katakana Meishi …. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan- unesa/article/view/31022
  17. Sasan Baleghizadeh & Elnaz Oladrostam. The effect of mobile Assisted Language Learning (MALL) on grammatical accuracy of EFL students. (Jurnal, Shahid Beheshti University, Tehran. Iran)
  18. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuatitatif, R&D)
  19. Bandung: Alfabeta
  20. Sutedi, Dedi. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang, Panduan bagi Guru dan calon Guru dalam meneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Bandung: Humaniora
  21. Ryoko de Burgh & Hirabe. 2019. Motivation to learn Japanese as a foreign language in an English speaking country: An exploratory case study in New Zealand. Jurnal Elsavier. (80) 95-106
  22. Tirtobisono, Y. (1996). Cepat Menguasai Bahasa Jepang. Surabaya : Indah Surabaya
  23. Tiwari, S., Khandelwal, S., & Roy, S. S. (2008). E-Learning Toll for Japenese language learning through English, Hindi and Tamil
  24. Tsai, Shu Chiao. (2020) Chinese students’ perceptions of using google translate as a translingual CALL as a translingual CALL tool in EFL writing. Jurnal Comupter assisted language learning. 10.1080/09588221.2020.1799412
  25. Wulandari, K. D., Adnyani, K. E. K., & Hermawan, G. S. (2018). Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Yang Dipadukan Dengan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Huruf Hiragana Kelas Xi Ipa 5 Sman 1 Selemadeg Tahun Pelajaran 2017 / 2018. 3(3), 384–393

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 10:40:36

No citation recorded.