Editorial Policies

Focus and Scope

LAW REFORM as one of the national journals to become a forum for publicizing ideas and thoughts on legal reform in the form of research articles and review articles from academics, analysts, practitioners and those interested in providing literature on Legal Reform in all aspects. Scientific articles in the areas of: Criminal Law Reform , Economic and Business Law , Constitutional Law, State Administration Law, Law and Human Rights, Intellectual Property Rights, Law of the Sea, International Law are openly accepted in this journal .

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Review Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Research Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Each manuscript is reviewed by the Editors, and if of a sufficient standard, sent for blinded reviewed by at least two Editorial Board members who come from a range of countries as chosen by the journal team based on their expertise (double-blind peer review). The result may be accepted with no correction, accepted with little correction, accepted with many corrections and refused. The sending author is given opportunity to correct the article on the basis of suggestion received from the reviewer. Certain information of whether the article is accepted and published or refused is given to the sending author in written.

 

Blind reviewing will be applied and at least two reviewers will be assigned for each submitted paper. Author(s) are allowed to propose appropriate reviewers by providing their names and email addresses, but the decision remains in the hand of editor. Authors are suggested to use plagiarism detection software to check similarity of the manuscript. This similarity checking and screening is conducted using Turnitin. Decision will be made based on the level of similarities with other articles. The editor will decide on either immediately reject the manuscripts, contact authors for further clarifications, or to proceed to the peer-review process. Final decision is made by editor and editorial board

 

Open Access Policy

This Journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. The published articles will be available in LAW REFORM website and their full text can be download freely.

 

PUBLICATION ETHICS and MALPRACTICE STATEMENT

Publication Ethics and Malpractice Statement

Jurnal LAW REFORM adalah jurnal elektronik yang telah melalui proses Peer-Review. Halaman ini akan menjelaskan Pedoman Etik Publikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Editorial, Mitra Bestari dan Penerbit (Universitas Diponegoro). Aturan dalam halaman ini telah sesuai dengan COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

 

 A. Pedoman Etik untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Jurnal LAW REFORM harus melalui proses Peer-Review yang penting bagi pengembangan jaringan ilmu pengetahuan yang koheren dan terhormat. Hal tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan akan kualitas artikel penulis dan institusi yang berada dibelakangnya. Peer-Review atas artikel merupakan bentuk pelaksanaan dan perwujudan dari metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etik yang diharapkan bagi semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: Penulis, Editor Jurnal, Mitra Bestari, Penerbit dan Masyarakat.

Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro sebagai Penerbit Jurnal LAW REFORM menyadari tugasnya sebagai penanggungjawab dalam setiap proses penerbitan secara serius, baik dalam hal etika maupun tanggungjawab yang lainnya. Kami komitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak akan berdampak atau mempengaruhi keputusan editorial. Selain itu, kami akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal yang lain / penerbit lainnya apabila dibutuhkan dan diperlukan.

Keputusan untuk Publikasi

Editor Jurnal LAW REFORM bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang harus diterbitkan dari artikel-artikel yang telah dikirimkan. Validitas artikel dan manfaat bagi peneliti dan pembaca harus dijadikan sebagai faktor penentu dalam setiap pembuatan keputusan. Para Editor akan mendasarkan pada kebijakan dari Dewan Redaksi Jurnal dan aturan-aturan hukum yang umumnya berlaku seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor lainnya atau Mitra Bestari dalam membuat keputusan tersebut.

Asas Permainan yang Adil

Editor dalam mengevaluasi naskah harus berdasarkan konten intelektual artikel itu sendiri, tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari para penulis.

Kerahasiaan

Editor dan setiap Staf Editorial tidak diperkenankan mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang telah diserahkan kepada orang lain selain Penulis, Reviewer, Calon Reviewer, Editor lain, dan Penerbit.

 Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang belum dipublikasikan dalam sebuah naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

B. Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial, dan melalui komunikasi editorial dengan penulis, reviewer juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel yang bersangkutan.

Ketepatan Waktu

Setiap Reviewer yang ditunjuk dan merasa bahwa dirinya tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengulas artikel tertentu atau mengetahui bahwa reviewnya tidak akan selesai pada waktunya harus melakukan pemberitahuan kepada editor dan mengundurkan diri dari proses review artikel.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk di-review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh Editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik atas pribadi Penulis adalah tidak etis. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dan didukung oleh argumen yang baik, kecuali diizinkan oleh editor.

Pengakuan atas Sumber Referensi

Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang telah diterbitkan dan belum dikutip oleh Penulis. Pernyataan observasi, derivasi, atau argumen telah diteliti sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus memberitahu Editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan dengan setiap makalah orang lain yang mereka ketahui sebelumnya.

Kerahasiaan dan Konflik Kepentingan

Informasi rahasia atau ide yang diperoleh melalui Peer-Review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak diperbolehkan me-review naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetitif, kolaboratif, atau lainnya hubungan atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga terhubung dengan artikel yang di-review.

 

C.Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis penelitian harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian yang dilakukan serta berikut tujuan dan manfaat dari penelitian tersebut. Data yang dijadikan dasar harus disajikan secara akurat dalam artikel yang dikirimkan. Artikel harus mengandung detail dan referensi yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk meniru / meneruskan penelitian tersebut. Tindakan penipuan atau ketidakakuratan yang disengaja dalam menyajikan data maupun referensi merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Penyimpanan Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan artikel untuk editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut (konsisten dengan ALPSP-STM Statement on Data and Database), jika memungkinkan. Penulis wajib untuk menyimpan data tersebut dalam waktu yang wajar setelah publikasi dalam kondisi apapun.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli atau ditulis sendiri, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain harus memastikan bahwa hal tersebut telah tepat dikutip.

Pengiriman Artikel lebih dari Satu Jurnal.

Seorang penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan naskah penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam penulisan karya ilmiahnya.

Penyebutan Penulis

Penyebutan Penulis harus dibatasi kepada orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dikirimkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pendamping. Apabila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa yang tercantum di dalam artikel adalah semua co-penulis sesuai dan tidak ada co-penulis yang tidak seharusnya, dan bahwa semua co-penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari artikel yang dikirimkan dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.

Pengungkapan  Sumber  Keuangan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka, setiap konflik substantif terkait sumber keuangan atau kepentingan pihak ketiga, yang dapat mempengaruhi obyektifitas artikel yang dikirim. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek / penelitian dalam artikel yang dikirim harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan signifikan dalam karya yang diterbitkan sendiri,  adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut.

 

 

ARTICLE PROCESSING CHARGES (APCs)

Publishing in LAW REFORM is free of charge

You can publish in LAW REFORM free of charge: no payments are required from the Authors. LAW REFORM doesn’t have article submission charges nor article processing charges (APCs).