skip to main content

Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan

*Supriyadi Supriyadi  -  Program Doktor Interdisciplanary Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Indonesia
Published: 23 Dec 2016.

Citation Format:
Abstract
Tujuan Tulisan ini menyajikan tentang pentingnya komunitas praktisi dalam berbagi ilmu pengetahuan (knowledge sharing) antara sesama pustakawan, dengan harapan menjadi problem solving dari setiap persoalan yang berhubungan dengan pekerjaan pustakawan, baik berkaitan dengan hal-hal yang bersifat teknis, konsep atau pun  perencanaan. Metodologi atau Pendekatan - yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan  pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa Jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian.Temuan dalam kajian ini adalah Pada komunitas praktisi ada tiga karakteristik yang menjadi pembeda utama dari komunitas-komunitas lainnya yaitu, ada Domain, Community dan anggota harus berasal dari para praktisi yang mempunyai kesamaan profesi, komunitas ini hanya diikat oleh trust antara sesama anggota walaupun pada perkembangannya pembentukan komunitas ini mulai masuk sistem atau manajemen suatu perusahaan sebagai wadah knowledge sharing internal. Berbagi ilmu pengetahuan terkait pekerjaan menjadi ciri khas dari  komunitas praktisi dan output nya dapat memproduksi ilmu-ilmu baru yang kita sebut sebagai inovasi dalam menyelesaikan suatu persoalan atau pekerjaan tak terkecuali di perpustakaan. Diperpustakaan komunitas praktisi dilakukan dengan cara mengelompokkan para pustakawan berdasarkan bidang perkerjaan atau jabatan, antara sirkulasi dengan bidang sirkulasi, pengadaan antar sesama pengadaan, bagian shelving dengan sesama bagian shelving dan begitu seterusnya, dan semua para praktisi ini bertemu untuk berbagi pengetahuan dengan sesama praktisinya dalam suatu komunitas yang kita sebut sebagai kumunitas praktisi.
Fulltext View|Download
Keywords: Komunitas Praktisi; Berbagi Pengetahuan; Pustakawan

Article Metrics:

Last update:

  1. Tuntutan Aktor Daerah dan Analisis Kelayakan Dalam Wacana Otonomi Khusus Maluku Utara

    Syamsul Bahri Abd. Rasyid, Titin Purwaningsih. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6 (2), 2021. doi: 10.14710/jiip.v6i2.11650
  2. The Most Dominant Speech Act Used by the Teacher in EFL Classroom

    Saidah Saidah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4 (2), 2021. doi: 10.23887/jippg.v4i2.35676
  3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Era Digital

    Rani Rosaria Tinambunan, Sarah Pratiwi, Neni Ulandari, Nadhira Tita An Ni’mah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 2023. doi: 10.47134/pgsd.v1i2.149
  4. Role of Parents in Improving Children's Fine Motor Skills at Home during the COVID-19 Pandemic

    Nadhifah Rahmadini Hidayat, Razahra Asdi, Nila Fitria. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 2020. doi: 10.1145/3452144.3452229
  5. Personnel Information System Using Microsoft Excel (Case Study: Bima City Health Office)

    Wulan Ramdhani, Arizona Firdonsyah. Procedia of Engineering and Life Science, 1 (2), 2021. doi: 10.21070/pels.v1i2.1023
  6. THE DEVELOPMENT OF PAI LEARNING METHODS (ASPECTS OF TYPES AND ITS SUPPORTS)

    Ernaka Heri Putra Suharyanto, Laily Nur Arifa, Muh. Barid Nizarudin Wajdi. Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1), 2021. doi: 10.38073/jpi.v11i1.614
  7. Application Development Design “How To Make Money Online” Using The Wartefall Method (Case Study : CV Satoeasa For Indonesia)

    Agil Setyo Prasandi, Tikaridha Hardiani. Procedia of Engineering and Life Science, 1 (2), 2021. doi: 10.21070/pels.v1i2.961
  8. Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa

    Fadillah Nuraini. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1 (1), 2022. doi: 10.24090/j.assertive.v1i1.7021

Last update: 2024-03-26 15:04:21

No citation recorded.